Diambil dari TNI Angkatan Darat via Instagram

4 Fakta Menarik Tentara Nasional Indonesia (TNI) – Hello, Anak Millenial! Kalo ngomongin tentang Tentara Nasional Indonesaia (TNI), berbaju loreng, berbadan besar dan sosok terkuat yang mengaman negara. Dibalik itu, pernah gak sih terlintas dipikiran kamu bagaimana ada fakta-fakta unik apa dari mereka?

Berhubung sebentar lagi TNI akan merayakan hari jadinya, kali ini Mimin mau ceritain ke kalian fakta unik apa aja sih dari para Tentara Nasional Indonesia. Ini sih penting banget kamu ketahui, sebagai anak bangsa kamu harus tahu aset yang dimiliki oleh negara kita yang tercinta ini.

Apa Saja 4 Fakta Menarik Tentara Nasional Indonesia?

Dibawah ini Mimin akan  menceritakan apa saja 4 Fakta Menarik Tentara Nasional Indoenesia. Siap-siap dan simak sampai akhir ya dan temukan fakta-fakta menariknya.

Bediri Pasca Kemerdekaan

Pasca kemerdekaan Indoensia, tanggal 17 Agustus 1945, suasana bangsa kita saat itu masih mencekam. Serangan tanpa terduga dari musuh masih saja jadi sebuah hal yang mungkin terjadi. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginakan terjadi kembali, akhirnya pemerintah berinisiatif untuk membabetuk satuan keamanan di Indonesia.

Pembentukan militer ini tentunya tidak secara langsung bediri, pemerintah tidak mau gegabah  dan membutuhkan beberapa waktu untuk mempertimbangkan pembentukannya. Salah satu point yang menjadi pertimbangannya adalah pemerintah tidak mau kepetusan membentuk pasukan militer akan memancing kecurigaan dari tentara luar bahwa Indonesia aka menyerang balik musuh. Yap, yang ditakutkan Jepang akan menyerang kembali Indonesia.

Setelah melewati waktu pertimbangan, akhirnya pemerintah memutuskan pembentukan pasukan militer pada tanggal 5 Oktober 1945. Ya, tepat hari besok, TNI suda menginjak umur 76 tahun.

Mengalami 4 Kali Perubahan Nama

Terhitung sampai tahun 2021, pasuka militer Indonesia sudah mengalami 3 kali pergantian nama. Pada masa awal pembentukannya, pasukan ini bernama BKR (Badan Keamanan Rakyat). Kemudian berubah menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Setelah itu berubah lagi menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia). Terakhir barulah berubah menjadi TNI (Tentara Nasional Indoneisa).

Ketika namanya masih BKR, para tentara Indonesia belum menjadi satuan pasukan nasional atau satuan keamana yang terpisah di setiap daerah. BKR bertugas melindungi keamanan masing-masing daerah dan memiliki sebutan tersendiri lagi pada masing-masing wilayah. Misalnya saja pada saat itu Barisan Kebangkitan Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), Pemuda Indonesia Maluku (PIM), Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia (BPRI), Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo), Barisan Pemuda Indonesia (BPI), Hisbulloh Sabillah dan lain sebagainya.

Memiliki Pasukan Kopassus Terkenal Sampai International

TNI Angkatan Darat memiliki bagian dari Komando Utama (KOTAMA) yang didalamnya terdapat nama pasukan lagi yautu Komandan Pasukan Khusus (KOPASSUS). Nah, KOPASSUS ini  terkenal sekaloi meiliki kemampuan khusus yang sangat hebat. Slaah satunya adalah bergerak cepat, menembah, mengintai dan anti teror.

Kehebatan yang dimiliki KOPASSUS ini tidak bisa diragukan. Bahkan, KOPASSUS ini masuk dalam jajaran 5 pasukan khusus di dunia loh. Keren bukan?

Memiliki Prajurit Terhebat yaitu Kopral Subagyo

Dalam dunia prajurit Indonesia, ada salah satu sosok yang paling terkenal dengan kehebatan dari kekuatannya yaitu Kopral Subagyo. Sosok prajurit ini sudah pernah melakukan push up selama dua jam lebih, mandi dengan memakai air aki dan bahkan bisa koprol sepanjang 5 km. Bisa kamu bayangkan deh, hebatnya seperti apa.

Sayangnya, Kopral Subagyo ini menolah untuk naik pangkat. Dia sudah bangga dengan pangkatnya kopral yang ia miliki.

Baca Juga: Kisah Dibalik Patung Suro dan Boyo jadi Ikon Surabaya

Penutup

Bagaimana pendapat kamu tentang 4 Fakta Menarik Tentara Nasional Indonesia? Menarik bukan? Nah, karena kamu udah tahu ada cerita apa dibalik TNI dari pasca kemerdekaan sampai hari ini, jangan lupa untuk berbagi artikel ini untuk teman kamu. Jangan hanya stop di kamu aja, sharing ke temanmu juga sekalisgus jadi bentuk apresiasi kamu terhadap jasa para TNI dan merayakan hari jadinya.

Kalau diatas Mimin menjelaskan fakta menarik TNI, sekarang waktunya Mimin kasih tahu fakta menarik dari D’paragon. Buat kamu yang gak tahu, D’paragon merupakan tempat kost ekslusif yang bisa kamu sewa untuk harian, mingguan bahkan bulanan. Disini, kamu bisa pilih hunian dengan fasilitas yang sesuai dengan yang kamu butuhkan. Hargnya juga terjangkau banget untuk anak kost.

Cara pesan huniannya juga gampang banget, kamu tinggal reservasil melalui website D’paragon. Kalau mau dapet potongan harga spesial, pilih cara reservasinya melalui aplikasi D’paragon yang bisa kamu unduk di Playstore atau Appstore. Gak perlu ribet, kamu bisa reservasi dari rumah aja sambil rebahan. Mau tau fakta menarik D’paragon lainnya? Follow instagram D’paragon ya.

Yuk ngekost di D’paragon!

Leave a Reply