Diambil Dari Jogja Archive Via Youtube

4 Tradisi Menyambut Ramadhan Di Jogja Anak Kost Baru Jogja, Wajib Tahu! – Gak terasa ya sebentar lagi mau masuk bulan Ramadhan. Biasanya sih, saat mejelang bulan ini, beberapa wilayah di Indinesia melakukan beberapa tradisi menyambut bulan sucu. Salah satunya ada Jogja.

Sebagai kota yang selalu mempertahankan budaya dan tradisi adat dari luluhur, Jogja punya beberapa kegiatan yanh masih diselenggarakan sampai sekarang dan salah satunya adalah tradisi menyambut bulan ramdhan yang diyakini sebagai bulan suci terutama bagu umat Muslim

Nah, biar kamu para anak muda atau anak kost yang baru aja tinggal di Jogja, wajib banget tahu 4 tradisi ini.

Apa Aja 4 Tradisi Menyambut Ramadhan di Jogja?

Di Jogja sendiri ada 4 tradisi yang biasa dilaksanakkan oleh warga keraton dan juga warga umum. Biar gak bingung ada apa aja, langsung aja deh simak 4 Tradisi Menyambut Ramadhan di jogja berikut ini.

Tradisi Apeman

Apeman adalah sebuah tradisi menyambut bulan ramadhan dengan membuat Kue Apem. Nah, apem ini ini itu makanan manis yang dibuat dari tepung beras, santai, gula merah, telur dan tape. Bisa dibilang, apem adalan, pancakenya orang Jogja dan sekitarnya.

Tradisi apeman ini dilakukn oleh masyarakat umum dan keraton. Kalau di Keraton, biasanya yang membuat apem adalah keluarga keraton dan dibantu abdi ndalem lalu dibagikan ke orang-orang penting. Kalau masyarakat umum, biasanya sih membuat apem bareng-bareng dan dimakan bersama-sama.

Nyadran atau Ziarah

Nyadran adalah kegiatan ziarah dalam menyambut bulan ramdhan. Tradisi ini udah turun temurun dan masih dilakukan sampai sekarang oleh masyarakat Jogja.

Nyadran yaitu berziarah ke makam leluhur untuk mendoakan mereka agar dosa-dosa yang mereka lakukan saat masih hidup terampuni.

Kegiatan nyadran adalah membersihikan makam para leluhur, kenduri dan tabur bunga bersama warga sekktar. Bisa dibilang Nyadran adakah kegiatan ziarah bareng-bareng satu kampung.

Labuhan

Labuhan adakah kegiatan menyambut bukan ramadhan yang istimewa nih. Soalnya, tradisi ini cuma dilakukan oleh Keluarga Keraton Yogyakarta dan dibantu oleh para punggawanya.

Labuhan ini biasanya di lakukan di Pantau Parangtritis dengan menghanyutkan beberapa helai rambut dan potongan kuk Sultan ke laut. Tradisi ini dipercaya oleh masyarakat Jogja untuk menghadirkan ketentraman dan kesejahteraan.

Buat para warga Jogja, mereka juga boleh kok lihat prosesi adat ini. Sebagai moment yang istimewa, gak jarang loh warga yang mau lohat proses menghanyutkan helaian rambut dan potongan kuku sultan ini.

Padusan

Padusan berasal dari kata adus yang artiya mandi. Jadi Padusan adalah kegaitan menyambut bulan Ramdahan dengan mandi atau berendam di tempat yang sumber mata air atau sumur dengan tujuan untuk mensucikan diri, memsucikan jiwa dan raga.

Tradisi padusan ini udah dilakukan oleh para leluhur dalam menyambut bulan yang penuh suci dan sampai sekarang tradisi mandi di sumbr sumur aua matai aie ini masih dilakukan sampai sekarang.

Lokasi yang sering dijadikan tempat padusan adakah umbul Pejangan Bendowo Harjo Sleman, Sendang Klangkapan Marluwih Sayegan, Sendang Ngepas Lor Donoharjo Ngaglik, dan Umbul Temanten Umbulharjo Cangkringan.

Lokasi tersebut jadi temlat favorit orang-orang melakukan padusan. Bukan cuma warga Jogja aja, ada beberapa orang di sekitar Jogja yang mau ikut serta padusan. Jadi, jangan kaget kalao sebelum ramadhan kamu akan menemukan banyak orang berdatangan ke lokasi sumber sumur atau mata air di atas.

Baca Juga: Grebeg Maulud Solo, Anak Kost Harus Tahu!

Penutup

4 tradisi menyambut Ramadhan di Jogja udah kamu ketahui. Menarik bukan? Buat anak kost Jogja yang masih baru, jangan kaget yah kalo nanti kamu melihat orang-orang melakukan kegiatan diatas.

Nah, buat kamu yang mau ke Jogja, janga  lupa untuk pesan menginapannya di D’paragon Kost. Dijamin aman, nyaman dan Bersih deh.

Tinggal cek website D’paragon untuk pilih fasilitas hunian sesuai yang kamu butuhkan. Kepoin instagram untuk info menarik seputar D’paragon jiga. Ssssst, ada potongan harga yang cuakep abis buat kamu yang mau reservasil lewat aplikasi D’paragon. Yuk deh nginep di D’paragon!