Usia remaja adalah fase dimana anak mulai berproses untuk mencari jati dirinya agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi insan yang mandiri dan bertanggung jawab. Cara meningkatkan kemandirian remaja dapat dimulai dari lingkungan terdekatnya yaitu lingkungan keluarga.

Biasanya usia remaja dikenal dengan masa pubertas. Masa remaja dimulai dari usia 12 tahun saat anak duduk di bangku SMP.

Cara Meningkatkan Kemandirian Remaja agar Menjadi Pribadi Tangguh
goodtherapy.org

Cara Meningkatkan Kemandirian Remaja dari Lingkungan Keluarga

Lingkungan yang terdekat dengan anak adalah keluarga. Mengingat pada usia remaja anak terkadang menjadi pribadi yang labil emosi dan jiwanya. Kebiasaan tertib dan disiplin yang diterapkan di rumah dapat menjadi bekal utama saat anak memulai hidup mandiri jauh dari orangtuanya.

Tahapan mendidik anak agar terbiasa  tertib dan disiplin bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

Melatih Anak Memiliki Jadwal yang Tetap

Hal ini bertujuan agar anak dapat dengan mudah beradaptasi saat jauh dari keluarga. Memang benar sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain. Namun kita tidak boleh menjadikan anak selalu bergantung dengan orang lain.

Menyeimbangkan Kegiatan Anak dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam berbagai hal yang dilakukan kita mengenal adanya hak, kewajiban dan tanggung jawab. Kenalkan pada anak apa yang menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya. Namun kita juga tidak boleh mengabaikan hak yang semestinya mereka peroleh.

Kerapian dan Kebersihan

Ajarkan anak dengan kebiasaan rapi dan bersih. Mulai dari kerapian dan kebersihan dirinya sendiri hingga barang-barang pribadi yang dimilikinya.

Biarkan Anak Membuat Keputusan Sendiri

Hal ini berhubungan dengan kesuksesan anak di masa yang akan datang. Percayakan anak untuk belajar mengatasi permasalahan dirinya sendiri.

Selain pola asuh orangtua di lingkungan keluarga cara meningkatkan kemandirian remaja dipengaruhi juga oleh lingkungan masyarakat yang ditempatinya termasuk lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah yang mengembangkan demokrasi pendidikan akan menjadikan anak didik lebih berkembang.

Alasan Meningkatkan Kemandirian Anak

Agar tidak selalu mengandalkan orang lain karena selalu percaya diri sehingga menjadikan anak lebih siap menghadapi persaingan kehidupan berbekal mental dan perilaku yang tangguh.

Salah satu cara meningkatkan kemandirian remaja adalah dengan mengajarkan mereka mencoba travelling bersama teman. Anda dapat memilihkan tempat menginap yang nyaman di D’Paragon, atau saat ingin reservasi kunjungi web dparagon.com. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya melalui App Store maupun Play Store.

Leave a Reply