dparagon.com  – Es krim merupakan hidangan favorit untuk semua kalangan. Noodle Ice Cream, salah satu hidangan favorit dan legendaris di kedai Zangrandi, Surabaya.

Lampu neon gradasi biru-merah tampak menyala di kegelapan Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Jawa Timur. Zangrandi, begitu tulisannya, adalah kedai ice cream legendaris yang terkenal di semua kalangan.

Para generasi milenial menjadi penggemar karena tempat yang jadul dan rasa Noodle Ice Cream yang otentik. Para orang tua rutin menyambangi Zangrandi untuk bernostalgia tentang banyak hal, mungkin termasuk tempat kencan pertama.

Adalah Renato Zanggardi, pria berkebangsaan Italia yang mendirikan kedai Ice Cream ini pada 1930. Dulu kedai tersebut bernama Renato Zangrandi’s Ijspaleis. Lokasinya sangat strategis karena berseberangan dengan Balai Pemuda yang dulu jadi tempat kaum sosialita Belanda berdansa dan berpesta.

Meski sudah puluhan tahun berdiri, tak ada yang berubah dari kedai ice cream Zangrandi. Lantai berwarna coklat bata berpadu apik dengan kursi-kursi rotan dan meja keramik berbentuk bundar.

Suasana terbuka di bagian luar mengirimkan angin sejuk terutama saat sore hari. Meski lalu lalang kendaraan seakan tak pernah “alpa”, begitu masuk Zangrandi, waktu seakan berhenti.

Kedai ice cream Zangrandi di Jalan Yos Sudarso, Surabaya

Menyambangi kedai ice cream Zangrandi beberapa waktu lalu. Zangrandi adalah salah satu spot kuliner rekomendasi Google App dalam kampanye tujuh hari bertema #SelaluTauYangSeru.

Saya sengaja duduk di teras luar sambil menikmati suasana kedai es krim ini. Pengunjung bisa memesan aneka varian es krim, seperti Copacabana, Tropicana Fruit, Banana Split, juga ice cream yang disajikan dengan waffle.

Tidak sah rasanya menyambangi Zangrandi tanpa mencicipi dua hidangan legendarisnya: Tutti Frutti dan Noodle Ice Cream. Saya memesan varian kedua.

Semangkuk ice cream vanila bertabur kacang tumbuk manis, saus cokelat, dan buah ceri terhidang di depan mata. Noodle Ice Cream di Zangrandi mengingatkan saya pada Spaghetti Ice Cream di Ragusa, kedai es krim tertua di Indonesia . Bedanya, tak ada sukado alias butiran gula warna-warni pada sajian Noodle Ice Cream.

Kedai es krim Zangrandi, Surabaya, terletak di Jl Yos Sudarso.

Namun soal rasa, subyektif saya, Noodle Ice Cream-lah pemenangnya. Cita rasa rhum menyeruak dari sendokan pertama. Meski yang digunakan hanya essence alias bukan rhum yang beralkohol, perpaduan rasa rhum dan vanila berpadu apik di lidah.

Dari segi tekstur pun, Noodle Ice Cream lebih terasa sedikit kasar karena tidak menggunakan banyak susu. Es krim di kedai ini masih menggunakan resep ala Renato Zanggardi, dengan bahan-bahan asli dan tanpa pengawet.

Saya melihat sekeliling. Hanya ada satu-dua bangku yang kosong pada waktu itu. Semua orang menyantap semangkuk es krim, berbincang dan tertawa, menikmati saat-saat berharga bersama teman dan keluarga.

Saat berkunjung ke sana, ingatlah baik-baik tempat Anda duduk dan rekamlah suasana. Bisa jadi, tempat tersebut akan Anda duduki kembali bersama anak-cucu kelak.

Simpan

Simpan