Datang ke Jogja jangan hanya berwisata saja, Anda wajib untuk mencoba kuliner yang ada di kota istimewa ini. Salah satu kuliner Jogja adalah tengkleng gajah. Jika mendengar kuliner tengkleng gajah mungkin yang terbesit di benak adalah makanan dengan bahan pokok daging gajah. Padahal bukan seperti itu yang dimaksud dari kuliner ini.

Tengkleng gajah merupakan olahan kambing dengan porsi besar sehingga disamakan seperti gajah. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena makanan ini diolah dengan rempah-rempah khusus yang khas. Berikut ini ini sejarah dari tengkleng gajah.

Kuliner Tengkleng Gajah yang Terkenal Unik Di Yogyakarta
pinterest.com

Sejarah Kuliner Tengkleng Gajah

Awalnya warung ini diberi nama warung sate kambing Sari roso Mulyo. Kuliner ini berdiri pada tahun 2006, tempat ini memang spesialis kuliner daging kambing dengan beraneka ragam menu. Warung ini berubah nama sejak menjual tengkleng dengan porsi besar atau jumbo, sehingga dikenal sebagai tengkleng gajah.

Selain porsi yang tidak diragukan lagi, kuliner ini memiliki cita rasa yang enak sehingga Anda tidak akan kecewa. Hal ini karena proses pengolahan bumbu yang membutuhkan waktu tu hampir 4 jam saat mengolah daging.

Warung ini menggunakan konsep Open kitchen, yang membuat Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan tengkleng. Semua hidangan yang disajikan sangat menggugah selera.

Jam Buka

Warung tengkleng gajah biasanya mulai buka pada pukul 09.00 wib dan akan tutup pukul 21.00 WIB. Biasanya untuk Hari libur akan tutup lebih awal karena makanan yang disajikan sudah habis. Jika Anda ingin menikmati kuliner ini dengan santai datanglah di jam kerja saja. Tetapi jangan mendekati jam tutup, dikhawatirkan sudah habis.

Harga Tengkleng Gajah

Untuk bisa menikmati satu porsi jumbo Tengkleng Gajah Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 30 ribu. Untuk menu lain yang ditawarkan pada setiap menu sekitar 12 ribu- 30 ribu.

Menu lain ini Anda bisa memilih diantaranya tongseng kambing, sate goreng kambing, nasi goreng kambing dan sate bakar kambing yang rasanya tidak kalah enak dan nikmat dari Tengkleng Gajah.

Jika Anda berkunjung ke Jogja jangan lupa berburu kuliner Tengkleng Gajah. Karena kurang lengkap jika Anda berwisata tanpa berkuliner. Untuk Anda yang mencari tempat menginap harian di Jogja, Anda bisa pilih kost eksklusif  D’paragon. Disini Anda bisa mendapatkan tempat penginapan yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan informasi terlengkap dengan mengunjungi dparagon.com.

Leave a Reply