Lansia produktif terkesan seolah tidak mungkin. Tapi pada kenyataannya meskipun sudah lansia mereka tetap bisa produktif. Namun terkadang memasuki usia 65 tahun keatas banyak orang yang merasakan adanya berbagai macam keluhan yang menyebabkan produktivitas serta kualitas hidup mereka menurun.

Ada yang mengeluhkan masalah persendian, penurunan daya ingat, sulit tidur, sulit buang air kecil keluhan lainnya. Walaupun banyak orang yang mengatakan mereka mempunyai keterbatasan fisik ketika memasuki usia 65 tahun tersebut untuk melakukan aktivitas. Pernyataan tersebut bukanlah suatu alasan yang tepat untuk kita selalu berdiam diri.

Lansia Produktif Tantangan yang Besar, Namun Mudah dengan Tips ini
klikdokter.com

Lansia Produktif, Ini Tipsnya

Terdapat beberapa tips yang harus dilakukan supaya usia lansia tapi masih bisa produktif. Penasaran Bagaimana caranya simak berikut ini penjelasan lengkapnya. Pertama hal yang harus dilakukan adalah usahakan untuk tidur dalam waktu yang cukup. Arti cukup disini adalah tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Usia lansia usahakan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein.

Tidur dalam waktu yang cukup saja tidaklah cukup untuk menjadi lansia produktif. Melainkan perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Makanan tersebut juga harus mengandung protein seperti halnya tempe, ikan, telur, dan tahu. Konsumsi sayur serta buah-buahan yang cukup hindari untuk konsumsi jeroan. Ketika memasak menggunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun dan minyak kanola.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga. Bisa berenang, bersepeda, jalan santai, yoga ataupun yang lainnya. Itu saja juga tidak cukup menjadi tips supaya manusia itu bisa tetap produktif. Karena mereka juga harus melakukan kegiatan yang sifatnya menyenangkan. Bergabunglah dengan komunitas lansia yang ada di sekitar Anda. Biasanya komunitas tersebut akan mengajak mereka bernyanyi, bermain musik, dan menari juga yang lainnya.

Rutin Memeriksakan Kesehatan

Oh iya, rutin memeriksakan kesehatan juga menjadi hal yang sangat penting. Walaupun Anda Ibu tidak mempunyai kondisi medis tertentu nyatanya memeriksakan kesehatan setiap bulan supaya tetap bugar menjadi suatu keharusan. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut harapannya penyakit yang kita miliki itu dapat terkontrol dengan baik. Kemudian kita juga dapat melakukan pencegahan terjadinya komplikasi.

Terdapat salah satu fakta yang terjadi ketika usia lansia yakni mereka seringkali terjatuh. Untuk itu supaya bisa menjadi lansia produktif melakukan cara guna menurunkan resiko jatuh tersebut. Misalnya berhati-hati ketika mereka melakukan aktivitas. Menggunakan alas kaki yang tidak licin serta nyaman, menyingkirkan kapal ataupun benda yang memberikan kemungkinan menjadi penyebab jatuh.

Kunjungi Dparagon untuk info reservasi, dan dapatkan aplikasinya melalui Playstore atau AppStore.