Sebagai orang tua, mengajari anak sopan santun perlu Anda mulai semenjak dini. hal tersebut bisa membantu mereka supaya dapat berbaur dengan gampang di lingkungan sosial. Menjadi teladan atau contoh merupakan salah satu cara terbaik dalam mengajarkan sopan santun terhadap anak.

Sopan santun merupakan bentuk dari kepekaan atau kesadaran kita kepada perasaan orang lain. Nah, sopan santun ini bukan bakat atau kemampuan yang dibawa anak sejak lahir, namun merupakan hal yang perlu Anda ajarkan dan tanamkan sebagai orang tua. Sopan santun juga bukanlah peraturan tertulis, namun dalam hubungan sosial serta bermasyarakat sangat memerlukan keberadaanya. Berbekal sopan santun, kelak anak mampu hidup berdampingan dengan orang lain.

Mengajari anak sopan santun
istore.oomph.co.id

Bagaimana Cara Mengajari Anak Sopan Santun Sejak Dini?

Ya, mengajarkan sopan santun pada anak terhadap orang di sekelilingnya adalah tugas penting untuk orang tua. Apalagi sekarang ini kemajuan teknologi tidak jarang menyebabkan anak lebih fokus pada gawai mereka. Lalu, apa yang harus orangtua lakukan dalam menanamkan sikap sopan santun tersebut kepada anak?

Disamping pendidikan formal, pendidikan karakter memang sangatlah penting untuk Anda ajarkan terhadap anak sejak dini. Malah justru pendidikan karakter ini bakal lebih berpengaruh untuk masa depan anak. Salah satu karakter yang wajib orang tua tanamkan kepada abaka yaitu sopan santun ini.

Berikut ini, merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menanamkan sikap sopan santun ke anak.

  1. Mulailah mengajarkan sopan santun kepada anak sedini mungkin
  2. Ajarkan kepada anak untuk senantiasa mengucapkan tolong, maaf, dan terimakasih
  3. Selalu konsisten dan tekun dalam mendidik anak
  4. Jadilah panutan yang baik bagi anak
  5. Pakailah metode cerita untuk menanamkan etika pada diri anak. Bacakan dongeng yang punya pesan moral untuk Anda ajarkan ke anak.
  6. Berikan apresiasi sewajarnya ketika anak sudah menerapkan etika dengan baik
  7. Berikan kasih sayang dan perhatian lebih untuk anak
  8. Jangan lupa untuk menanamkan nilai agama
  9. Tegurlah dengan lembut jika anak melakukan kesalahan jangan langsung menghakiminya
  10. Anda bisa mengajarkan sopan santun kepada anak melalui permainan peran secara santai namun efektif
  11. Mengajari anak sopan santun memang jadi tantangan tersendiri untuk orang tua. Mulailah dengan memberi teladan yang baik terhadap anak, sebab anak merupakan cerminan diri orang tuanya.

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda membutuhkan penginapan yang harganya terjangkau namun tetap nyaman, Anda bisa menghubungi D’paragon. Anda juga mengunduh aplikasi D’paragon melalui Play Store atau App Store di perangkat Anda.