Ingin solo traveling ke Jogja? Museum Ullen Sentalu sepertinya dapat menjadi destinasi yang tepat. Museum ini menyimpan banyak sekali sejarah mengenai tanah Jawa.

Terdapat banyak sekali barang-barang peninggalan kerajaan Mataram di dalam museum sejarah ini. Nama Ullen sendiri berasal dari singkatan sebuah pepatah Jawa, yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku.

Asyiknya Solo Traveling ke Museum Ullen Sentalu Yogyakarta!
jogjakita.co.id

Traveling ke Museum Ullen Sentalu

Solo traveling selalu menyenangkan untuk dilakukan. Agar traveling berjalan lancar, maka Anda harus menyiapkan daftar tempat yang ingin dikunjungi. Jika ke Yogyakarta, maka Anda wajib mengunjungi Ullen Sentalu.

Ullen Sentalu akan mengajak Anda melihat koleksi sejarah dari zaman kerajaan Majapahit. Di dalam museum terdapat banyak kisah mengenai peradaban kerajaan Mataram yang akhirnya terpecah menjadi empat keraton.

Akan terdapat berbagai lukisan dan foto bangsawan pada masa kerajaan yang memukau. Selain itu, ada juga koleksi batik solo dan Yogyakarta dengan corak dan makna khasnya.

Seperti kebanyakan pusat sejarah, museum juga memiliki koleksi berbagai arca budaya Hindu, Buddha, dan gamelan kuno peninggalan zaman dahulu.

Lokasi Museum yang Mudah Dijangkau

Museum ini terletak tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni sekitar 25 kilometer ke utara. Hal itu tentu membuat kegiatan solo travel Anda tidak terhambat di perjalanan.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum agar menghemat ongkos dengan Bus TransJogja rute 2B atau 3B dan turun di Shelter Ring Road Utara-Kentungan.

Setelah itu, Anda naik angkot dengan rute Yogyakarta-Pakem dan turun di pasar Pakem. Dari pasar, Anda naik angkot terakhir dengan rute Pakem-Kaliurang dan turun di Taman Kanak-Kanak Kaliurang. Selanjutnya Anda bisa berjalan ke Barat, kurang lebih 300 meter.

Adapun jam buka museum sebagai berikut:

  • Senin: Tutup
  • Selasa-Jumat: 08.00-16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.30-17.00 WIB

Museum Ullen Sentalu sangat cocok untuk Anda yang ingin traveling sejarah di Yogyakarta. Jangan lupa juga untuk memesan hunian kost dengan berbagai pilihan harga di D’paragon.com melalui aplikasi yang tersedia di AppStore dan PlayStore.