Coworking Space Di Semarang
Ngantor Ala Nongkrong di Coworking Space

Fenomena coworking space masa kini berkembang pesat yang mana coworking space menjadi banyak pilihan banyak orang untuk bekerja dengan rasa nongkrong. Selain itu, coworking space juga menyediakan makanan dan minuman yang pastinya bisa makin ningkatin mood kita dalam bekerja.

Apa itu Coworking Space?

Coworking Space adalah tempat berkumpulnya orang yang memiliki latar belakang pekerjaan maupun bisnis yang bekerja dalam sebuah tempat yang sama. Adapun definisi coworking space berasal dari kata ‘coworking’ yang dalam bahasa inggris berarti kersa sama atau berkolaborasi. Selain itu, suasana coworking space biasanya juga mendukung semangat dan produktifitas kerja. Jika kamu adalah founder startup yang baru saja merintis, coworking menjadi tempat yang pas & tepat untuk berkordinasi bersama tim yang jumlah anggotanya masih sedikit.

Coworking space tidak hanya untuk para pemilik startup saja. Tetapi, coworking space juga dapat oleh siapapun seperti pemilik bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah ‘serasa’ kantor.

Asal muasal

Konsep coworking space pertama kali ada oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002 dengan nama Schraubenfabrik kota Wina, Austria. Selain itu, Schraubenfabrik juga mendapat julukan sebagai mother of coworking space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik. Setelah itu, coworking space pun mulai menjamur ke berbagai kota besar lainnya. Coworking space pun juga berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Fasilitas yang tersedia

Penyedia coworking space biasanya menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja seperti koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh, dan kopi. Sebagian Coworking Space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Siapa saja penggunanya?

Coworking Space bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari coworking space untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis.

Manfaat

Coworking space memberikan manfaat yang butuhkan dalam berbisnis, yaitu jejaring dan kolaborasi. Karena coworking space terkenal sebagai tempatnya enterpreneurs berkumpul. Pengguna coworking space akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa menjadi rekan bisnis, klien, atau teman diskusi. Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih pesat karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang bersumber dari lingkungan yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, Coworking Space juga menjadi jawaban atas permasalahan biaya operasional gedung yang terus meningkat. Hal ini karena coworking space sudah menyediakan fasilitas seperti kantor. pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture seperti kursi dan meja, membayar internet pengelolaan kantor (maintenance), ataupun mempekerjakan resepsionis atau keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Bisa kita simpulin kalo fenomena coworking space ini bisa berkembang dengan pesat karena untuk menjawab beberapa permasalahan bagi para pemilik startup maupun freelancer yang masih belum memiliki kantor pribadi. Selain itu, coworking space juga seingkali menjadi tempat untuk kerja kelompok bahkan bisa jadi tempat nongkrong mahasiswa.

Sumber : Kumparan.com

 

Leave a Reply