Nilai pewaris budaya menurut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X tidak hanya dari keluarga. Semua harus bisa serasi dengan lingkungan, sosial, hingga budaya dari segi Nusantara. Mengingat pentingnya mengetahui budaya sendiri untuk semua masyarakat termasuk kaum muda kini menjadi sorotan penting.

Hal ini terbukti saat sambutan Sultan ketika Perayaan Warisan Budaya Takbenda DIY 2021. Dalam sambutannya, Sultan telah memberikan penjelasan jika pewarisan dulu dengan cara saat ini jauh berbeda.

Pewarisan budaya itu secara lisan. Sehingga berupa proses tutur tinular yang bisa saja terjadi deviasi yang berbeda. Hal ini seperti yang disampaikan beliau di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Jogja.

Nilai Pewaris Budaya, Identitas Diri dalam Mengembangkan Kreativitas
merdeka.com

Nilai Pewaris Budaya Menurut Sri Sultan

Warisan Budaya Tak Benda atau bisa disingkat dengan WBTB menjadi sebuah jaminan agar kreativitas terus berjalan. WBTB atau warisan hidup ini menjadi salah satu sumber utama menjaga keanekaragaman antar umat di dunia. Dengan adanya tujuan bersama dalam menjaga kreativitas berbudaya inilah sang Sultan Jogja berupaya untuk memelihara WBTB itu sendiri.

Bahkan untuk melindungi warisan budaya tersebut, pihak UNESCO telah menetapkan adanya konvensi yang mengacu pada aspek perlindungan budaya. Penetapan tersebut dikatakan oleh organisasi pendidikan, keilmuan hingga kebudayaan. Konvensi UNESCO 2003 itulah yang berisikan tentang WBTB. Bahkan dalam hal ini ada 44 warisan budaya yang telah resmi menjadi bagian konvensi tersebut. Nilai pewaris budaya menjadi sebuah hal yang diperhitungkan.

Konvensi UNESCO Tentang Warisan Budaya

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal jika UNESCO sudah melakukan kewajibannya untuk berupaya melindungi nilai warisan budaya. Bahkan hal ini menjadi kewajiban semua masyarakat Indonesia. Untuk perlindungan dan pelestariannya Indonesia meratifikasi 3 konvensi UNESCO.

Mulai dari perlindungan warisan budaya, perlindungan warisan budaya tak benda, dan promo keanekaragaman ekspresi budaya. Pewarisan budaya inilah yang melanjutkan konvensi tersebut dengan adanya bentuk sertifikat atau dokumen yang bisa terbaca oleh generasi selanjutnya, ujar Sri Sultan dalam pidatonya.

Saat Anda menginginkan untuk mencari tempat kost terbaik bisa kunjungi web dparagon.com. Untuk mengetahui info lengkap tempat kost yang berkualitas bisa juga unduh aplikasinya di PlayStore dan AppStore. Dengan demikian, Anda juga bisa mempelajari nilai pewaris budaya dengan nyaman dan tenang.