Olahraga untuk penderita jantung memang cukup bervariasi. Walaupun menderita penyakit jantung harus mengutamakan olahraga agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik. Namun, memang harus membatasi aktivitas fisik agar tidak mudah kambuh.

Olaharaga untuk Penderita Jantung
pexels.com

Olahraga untuk Penderita Jantung

Perlu kamu pahami bahwa orang dengan penyakit jantung juga perlu melakukan olahraga. Hal ini membantu merilekskan otot tubuh. Olahraga membantu membuka ruang jantung yang semakin lebar. Sehingga jantung bisa memompa darah dengan lebih banyak.

Adapun rekomendasi olahraga yang tepat adalah sebagai berikut.

Jalan Kaki

Orang yang menderita penyakit jantung biasanya melakukan olahraga jalan kaki yang termasuk jenis kardio. Cara ini merupakan paling simpel dan bisa membantu meningkatkan denyut jantung. Aliran darah pun menjadi lebih normal serta mampu menurunkan tekanan darah.

Melakukan olahraga jalan kaki sebaiknya selama kurang lebih 30 menit. Untuk hasil yang maksimal usahakan menempuh jarak 8 km per minggu.

Berenang

Orang dengan sakit jantung yang belum begitu parah cocok untuk melakukan olahraga renang. Termasuk dalam jenis olahraga low impact yang sangat bagus. Semua gerakan olahraga renang mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Bahkan renang bisa menurunkan berat badan dan membuat pernafasan menjadi lebih baik. Tak hanya itu, renang mampu menormalkan detak jantung serta tekanan darah.

Bersepeda

Siapa sangka olahraga bersepeda sangat cocok orang dengan riwayat penyakit jantung. Olahraga ini mampu memperkuat otot jantung, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan denyut nadi istirahat, dan melancarkan peredaran darah. Bahkan sangat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Namun, sebelum melakukan aktivitas olahraga sebaiknya konsultasi dengan dokter mengenai kesehatan secara menyeluruh. Mintalah saran kepada dokter untuk melakukan olahraga tertentu.

Dengan memahami rekomendasi olahraga untuk penderita jantung kamu bisa beraktivitas dan kembali mendapatkan tubuh yang bugar. Agar mendapatkan informasi lengkap seputar penginapan bisa unduh aplikasi D’Paragon melalui Google Play Store atau Apps Store.