Tips cepat belajar membaca Al-Quran sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Membaca Al-Quran tidaklah sulit, terlebih Anda sudah memulai belajar membaca dan mengenal huruf hijaiyah sejak kecil. Tentunya semua akan menjadi lebih mudah.

Membaca Al-Quran memang tidak bisa sembarangan. Sebab, ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan ketika membacanya. Mulai dari lafadz, tajwid, panjang pendek, dan masih banyak lagi. Ketika semua itu sudah Anda terapkan, maka Anda akan bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Tips Cepat Belajar Membaca Al-Quran
pexels.com

Tips Cepat Belajar Membaca Al-Quran, Wajib Tahu!

Belajar membaca Al-Quran sebenarnya sama dengan kita belajar bahasa yang lainnya. Jika Anda ingin bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, maka Anda wajib tahu berbagai hal berikut ini.

1. Mengenal Huruf Hijaiyah

Tips cepat belajar Al-Quran pertama yaitu Anda harus mengenal huruf hijaiyah terlebih dahulu. Jumlah huruf hijaiyah ini ada 29 huruf. Semua huruf tersebut wajib Anda hafalkan jika ingin bisa membaca Al-Quran dengan lancar. Tidak hanya hafal saja, lafadz yang Anda ucapkan juga harus benar.

2. Memahami Harakat (Tanda Baca)

Membaca Al-Quran tidak akan bisa Anda lakukan jika Anda tidak mengenal harakat atau tanda baca. Maka dari itu, penting sekali Anda mengenal harakat yang ada dalam kitab Al-Quran.

Dengan adanya harakat ini, maka kita semua bisa menentukan bagaimana huruf hijaiyah dalam Al-Quran harus kita ucapkan. Harakat yang ada dalam Al-Quran seperti Fathah yang dibaca a, Kasrah yang dibaca i, Dhommah bacanya u. Selain itu, masih ada lagi sukun, dhommatain, fathatain, dan lain sebagainya.

3. Mulai Dari Surat Pendek

Jika Anda sudah mengenal dan menghafal huruf hijaiyah beserta harakatnya, maka Anda bisa mencoba belajar membaca mulai dari surat pendek. Setelah terbiasa Anda akan menjadi lebih lancar membacanya.

Tips cepat belajar membaca Al-Quran juga harus didukung oleh guru pengajar yang sudah menguasai berbagai macam teknik bacaan Al-Quran. Selain itu, Anda juga harus banyak belajar di rumah.

Jika Anda mencari penginapan maka Anda bisa masuk ke website dparagon.com. Atau bisa juga Anda unduh aplikasinya langsung melalui Play Store atau lewat App Store untuk melakukan reservasi.