Diambil Daru @petakenam (Glodok) Via Instagram

Wisata di Gajah Mada Jakarta dan Sekitarnya Ada P7enjara Bawah Tanah – Hi, Anak Kost! Tau gak sih kalau di Jalan Gajah Mada Jakarta dan sekitarnya ada tempat wisata yang unik dan menarik? Ini wajib banget kamu datengi saat berada di Jakarta.

Bukan cuma diminati sama wisatawan Lokal  aja, tempat-tempat ini juga sering jadi incaran para turis asing yang lagi berlibur di Indonesia juga loh.

Gimana mereka gak teretarik, kalau tempat wisata ini punya bangunan-banguna yang cantik dan juga bersejarah. Yups, bangunan ini ada sejak masa VOC menguasai Indoneia dan jadi saksi bisu masa penjajahan kala itu.

Apa Saja Wisata di Gajah Mada Jakarta dan Sekitarnya?

Daripada kamu penasaran, mending simak aja artikel ini sampai habis. Dibawah ini adalah daftar rekomendasi lokasi daftar Wisata di Gajah Mada Jakarta dan sekitarnya.

Rumah Candra Naya

Rumah terkahir milik Mayor Etin Tionghoa ini adalah salah satu tempat wisata wajib kamu kunjungi. Dari masa ke masa, rumah ini punya cerita bersejarah mulai dari masa Kolonial Belanda, Kolonial Jepang, setelah kemerdekaan Indonesia sampai dengan diresmikan menjadi Cagar budaya

Belum ditemukan informasi yang pasti tentang kapan berdirinya rumah ini. Diperkirakan rumah ini berdiri sejak 1807. Meskipun sudah ratusan tahun, rumah ini masih terjaga keasliannya sampai saat ini.

Keunikan dari ruma Cina kuno ini adalah letaknya ayang berada ditengah 2 gedung tingkat dan modern. Nilai unik ini juga jadi salah satu alasan orang penasaran dengan Rumah Candra Naya.

Oh ya, di sebelah Candra Naya ada sebuah kafe dengan bangunan beegaya etinis Tionghoa juga. Jadi selesai keliling rumah, kamu bisa duduk manis sambil menikmati hidangan dan makanan enak dengan nuansa Cina Kuno

Lokasi : 188 3 5, Jl. Gajah Mada No.3, RT.3/RW.5, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
Kisaran Harga Tiket: Gratis

Baca Juga: Sejarah Candra Naya: Rumah Kuno Mayor China

Kawasan Glodok

Saat di Jakarta, gak lengkp rasanya kalau belum datang ke kawasan pecinan ini. Kamu bisa menemukan banyak hal-hal yang erat kaitannya sama etnis Tionghoa Jakarta

Sejak masa Kolonial Belanda, kawasan Glodok emang udah terkenal banget sebagai sentra perekonomian dari Jakart masih disebut Batavia.

Sampai saat ini pun, Glodok masih terkenal sebagai tempat belanja, khususnya elektronik, termurah di Jakarta.

Bukan cuma berbelanja aja, Glodok juga sudah ditetapkan sebagai cagar budaya dan lokasi wisata. Mulai dari wisata kuliner dan wisata religi, semua ada di sini.

Lokasi favorit wisatawan yang datang ke Glodok adalah Petak Sembilan, Vihara Darma Bakti, Gereja Santa Maria de Fatima dan pusat kuliner Gang Gloria.

Buat kamu yang suka fotografi, Glodok juga bisa jadi incaran untuk menemukan spot terbaik. Gedung-gedung tua dengan ornamen khas Tiongkok dan suasana pasar tradisional sering menjadi tempat foto favorit para fotografer ibukota.

Lokasi :  Petak Sembilan Market, Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120
Jam Buka : 10.00 – 16.00 WIB

Kisaran Harga Tiket Masuk : Gratis

Baca Juga: Sejarah Chinatown Glodok yang Gak Boleh Dilupakan

Museum Fatahillah

Gak jauh dari Petak Sembilan Glodok, ada gedung yang bersejarah banget buat Jakarta yaitu Museum Fatahillah.  Kamu cuma butuh waktu 14 menit dengan berjalan kaki.

Museum Fatahillah yang berada di Kawasa Kota Tua ini adalah salah satu incaran bagi turis asing juga. Didalam meusem terdapat benda-benda bersejarah.

Gedung besar dengan gaya arsitektur Eropa ini dibangun dan digunakan oleh Belanda sebagai Balai Kota Batavia selama 2 abad. Semua urusan administrasi Batavia dilakukan disini.

Dalam kisahnya, gedung bekas Balai Kota ini juga punya penjara bawah tanah. Jarangnya ventilasi dan minimnya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan membuat banyak orang-orang yang dipenjara menderita Kolera, Tifus, sesak napas dan bahkan meninggal. Akhirnya penjara ini ditutup dan tahanan dipindahkan. Sayangnya, sampai sekarang penjara bawah tanah ini udah gak pernah dibuka lagi.

Lokasi : Jakarta History Museum, Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11110

Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB (Senin Tutup)

Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp.5000

Baca Juga: Sejarah Museum Fatahillah, Anak Muda Wajib Tahu

Penutup

Tempat wisata di Gajah Mada Jakarta udah kamu ketahui. Sekarang saatnya kamu mengatur jadwal perjalanan biar liburanmu lebih nyaman dan aman. Ajak teman atau keluarga juga ya, biar perjalanamu makin seru

By the way, kalau kamu mau pergi ke rekomendasi diatas, nginepnya di D’paragon aja ya! D’paragon punya hunian kost dan penginapan baru di Jalan Gajah Mada. Jadi, kamu gak perlu boros diongkos deh.

Kamu tinggal cek website D’paragon dan instagramnya untuk mengetahui informasi lebih. Eh, ada potongan harga gede-gedean loh buat kamu yang reservasi lewat aplikasi D’paragon. Yuk, nginep di D’paragon!

Leave a Reply