Wisata Lawang Sewu, pastinya destinasi wisata ini sudah terkenal apalagi di kalangan masyarakat Semarang. Lawang Sewu ini merupakan gedung peninggalan Belanda. Gedung yang memiliki sejarah panjang dengan arsitektur bangunan khas kolonial.

Wisata Lawang Sewu dan Sejarah Panjang di Baliknya
Wikipedia

Wisata Lawang Sewu dan Sejarah Panjang di baliknya

Dengan ciri khas bangunan Lawang Sewu, makanya tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Semarang akan mengunjungi destinasi wisata satu ini. Apalagi Lawang Sewu ini menjadi ikon pariwisata Kota Semarang. Namun dahulu tempat ini dikenal dengan tempat yang menyeramkan.

Semenjak itu pemerintah setempat beserta PT. KAI mengubah tampilan Lawang Sewu menjadi lebih megah tanpa mengurangi nilai sejarah yang terkandung pada bangunan. Selain itu masih ada sejarah lain yang terkandung di balik tempat wisata ini yang harus Anda tahu.

Asal Nama Lawang Sewu

Meskipun terkenal dengan nama Lawang Sewu nyatanya nama asli bangunan ini adalah Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij. Lawang Sewu ini diambil dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu, namun nyatanya bangunan ini hanya memiliki sekitar 429 pintu saja.

Fungsi Bangunan pada Masa Belanda

Mungkin jarang orang mengetahui dahulu Lawang Sewu ini merupakan kantor administrasi Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij yaitu merupakan perusahaan kereta api. Gedung ini ditinggalkan karena tempat ini dinilai tidak mencukupi, sehingga Pemerintah Belanda membangun gedung baru.

Saksi Pertempuran pada Masa Jepang

Meskipun sudah merdeka, gedung ini tidak bisa jatuh ke tangan Indonesia, karena pada masa itu gedung ini digunakan sebagai medan tempur. Dengan peristiwa itulah Lawang Sewu dijadikan sebagai gedung warisan sejarah yang harus dilindungi.

Setelah Merdeka Menjadi Kantor Militer

Lawang Sewu ini memiliki sejarah tidak hanya sampai pada masa kemerdekaan saja, karena setelah kemerdekaan gedung ini juga memiliki sejarah tersendiri. Setelah Indonesia bebas dari penjajahan Jepang dan Belanda gedung ini difungsikan sebagai kantor militer.

PT KAI mengubahnya menjadi Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer dan Kantor Wilayah Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Namun pada tahun 90-an gedung ini dikosongkan dan berakhir menjadi tempat wisata seperti sekarang.

Wisata Lawang sewu memang menjadi salah satu rekomendasi wisata akhir pekan Anda. Untuk kamu yang ingin ke Semarang kamu bisa menginap di DParagon kost eksklusif saja. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Playstore maupun Appstore untuk booking kamarnya.