Surabaya nggak melulu tentang pemandangan gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan yang tersebar di mana-mana. Tetapi Surabaya juga punya objek wisata lain yang nggak kalah menarik dan mungkin selama ini belum kamu ketahui.

Dikutip dari wikipedia.org, bahwa Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Timur. Surabaya juga menjadi kota terbesar kedua setelah Jakarta di Indonesia. Selain menjadi pusat pendidikan di Jawa Timur, Surabaya juga menjadi pusat perdagangan dan bisnis serta industri.

Saat kamu berkunjung ke Surabaya, kota yang juga terkenal dengan julukan Kota Pahlawan ini, begitu masuk perbatasan Surabaya pun kamu sudah disambut oleh gedung-gedung pencakar langit, padatnya lalu lintas dan cuaca panasnya yang khas.

Bagi kamu yang jenuh dengan suasana perkotaan, tenang… Ternyata wisata Surabaya punya tempat-tempat menarik yang bisa kamu nikmati dan mungkin tidak kamu jumpai di tempat lain..

1. Menikmati sunrise di pantai Kenjeran

wisata surabaya
menikmati sunrise di pantai kenjeran via panoramio.com

Sebagian wilayah kota Surabaya ada yang berhadapan langsung dengan Selat Madura, jadi ada bagian kota Surabaya yang berupa pantai.

Meskipun pantai yang ada tak seindah yang kamu bayangkan, namun kamu tetap bisa menikmati keindahan Surabaya dari sudut pandang lain. Kamu pun dapat menikmati sunrise di salah satu pantai yang ada di Surabaya, namanya adalah pantai Kenjeran.

Namanya juga sunrise jadi kamu harus berangkat pagi menuju lokasi. Lokasinya di mana sih? Pantai Kenjeran ada di Surabaya Timur, nggak perlu takut tersesat jika ingin kesana, karena papan petunjuk menuju Kenjeran sudah lengkap. Atau kamu bisa bertanya penduduk sekitar jika ingin pergi kesana.

Selain dapat menikmati indahnya matahari terbit kamu pun bisa melihat jembatan Suramadu dan pulau Madura dari kejauhan.

2. Berburu foto di Tian Ti Pagoda

wisata surabaya
pagoda Tian Ti via www.pixoto.com

Setelah menikmati matahari terbit, boleh tuh mampir Sky World atau Pagoda Tian Ti yang lokasinya tidak jauh dari pantai Kenjeran.

Pagoda Tian Ti dibangun menyerupai tempat peribadahan kuil kuno yang terletak di Beijing, tempay ini tidak digunakan untuk sembahyang oleh umat agama lain. Jadi kamu pun bebas keluar masuk ke Pagoda Tian Ti karena tempat ini buka setiap hari dengan tiket masuk hanya Rp 6,500 saja.

Apa saja yang bisa kamu nikmati di sana? Sanggar Agung, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha Empat Muka, dan Lampion Kya-Kya Sea Side.

3. Berkeliling di hutan mangrove Wonorejo

wisata surabaya
hutan bakau Wonorejo Rungkut via indoturs.com

Surabaya nggak hanya punya Mall, Surabaya juga punya hutan mangrove dan dibuka untuk umum. Sebenarnya keberadaan hutan mangrove ini untuk menjaga kelestarian lingkungan Surabaya dari abrasi atau pengikisan dari air laut yang pasang surut. Hutan bakau ini juga menjadi habitat hewan seperti burung-burung langka atau monyet yang saat ini keberadaannya terancam oleh pembangunan gedung maupun perumahan.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di hutan bakau Wonorejo? Kamu dapat berjalan kaki di sepanjang jembatan kayu yang membelah hutan bakau ataupun menaiki kapal untuk menyisir air laut yang berada di tengah hutan bakau.

Sebenarnya hutan mangrove ini dibuka setiap hari, namun untuk meminimalisir hal-hal negatif yang sering terjadi dan dilakukan oelh pasangan muda-mudi maka hutan mangrove ini hanya dibuka saat hari libur saja.

Di mana lokasi hutan bakau? Lokasinya ada di Jl. Raya Wonorejo No.01, Kota Surabaya.

4. Wisata bahari dengan menumpang kapal yang dioperasikan oleh PT. Pelindo Marine

wisata surabaya
monumen jalesveva jayamahe via triptrus.com

Ternyata di Surabaya kamu pun bisa berwisata bahari, dengan menumpang kapal Artama III. Kapal Artama III ini merupakan kapal wisata bahari yang dioperasikan oleh PT. Pelindo Marine yang menampung sampai 35 orang.

Rutenya pun mulai dari Tanjung Perak – Terminal Petik Kemas – Cagar Budaya Bangunan Kantor APDEL Surabaya – Monumen Jalesveya Jayamahe – Jembatan Suramadu – Tanjung Perak.

Perjalanan berlayar ini berdurasi sekitar 2 jam mulai dari jam 9 pagi. Jika kamu ingin mengikuti short trip ini kamu harus memesan tiket jauh-jauh hari, karena selain peserta yang dibatasi, perjalanan ini hanya dibuka hari Minggu.

 

Jika kamu jalan-jalan ke Surabaya namun jenuh dengan suasana perkotaan, kamu bisa mencoba berkunjung ke tempat-tempat yang sudah disebutkan tadi. Ternyata Surabaya nggak hanya punya gedung-gedung yang menjulang tetapi juga objek wisata yang bisa membuat hatimu senang.