Pantangan makanan ibu hamil sangat banyak sekali mulai dari buah sampai daging, contohnya saja buah nanas. Mulai dari sayuran tertentu, daging dan masih banyak lagi lainnya. Saat hamil, tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan apa yang dimakan oleh ibu hamil juga akan dimakan oleh janin yang ada di dalam perut ibu hamil. Kita sudah hidup di jaman yang serba maju dan modern. Medis semakin berkembang dengan pesat, oleh sebab itulah tidak ada manfaatnya jika percaya pada mitos. Percayalah pada medis yang memberikan riset dan penelitian lebih nyata dibandingkan dengan mitos. Berikut ini ada daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil :

Tempe

Pantangan makanan ibu hamil yang pertama adalah Tape. Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape menggunakan ragi. Semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak bagus bagi ibu hamil dikarenakan mengandung bahaya alkohol saat hamil tinggi. Kita sama sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.

Sushi

Sushi adalah makanan mentah ala jepang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Berikut ini bakteri berbahaya yang ada di dalam sushi :

  • Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut.
  • Bakteri coliform.
  • Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang akan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang bagian kepala bayi.

Sayur Nangka Muda

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung banyak getah. Jika tidak bersih dalam mencucinya dan memasaknya tidak benar, janin dan ibu hamil akan mengalami gatal-gatal. Tidak hanya itu saja plasenta bayi juga menjadi lengket. Namun manfaat buah nangka untuk ibu hamil juga baik namun jangan berlebihan.

Seafood Mentah

Pecinta seafood pasti tidak tahu jika seafood mentah tidak baik bagi kehamilan. Seafood yang sifatnya mentah tidak boleh dikonsumsi, sedangkan seafood dalam kondisi matang boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Alasan seafood mentah tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung bakteri seperti bakteri yang ada pada sushi.

Keju

Banyak ibu hamil yang menyangka kalau keju baik untuk kehamilan dikarenakan terbuat dari susu. Namun anggapan tersebut salah dikarenakan keju yang tidak dilakukan dipasteurisasi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Keju tersebut ditemukan pada keju lunak hasil impor dari luar negeri. Dipasteurisasi adalah proses dimana susu yang menjadi bahan utama keju tidak dipanaskan sampai dengan suhu 60°C. Untuk membunuh bakteri pada susu, dibutuhkan prose selama 30 menit. Beberapa jenis keju hasil impor yang tidak dilakukan proses dipasteurisasi :

  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Feta
  • Blue Cheese
  • Roquett