Diambil Dari Ivan Samkov Via Pexels

7 Tips Tetap Produktif Saat Puasa Selama Ramadhan – Saat menjalani puasa, seringkali muncul sifat mager alias males gerak. Jadinya, tubuh jadi gak produktif dan pekerjaan gak selesai dengan maksimal.

 Padahal, bagi siapapun yang menjalani puasa, sebisa mungkin untuk tetap gerak dan tetap produktif seperti biasanya. Ini dikarenakan apa yang kita lakukan saat puasa karena Allah, maka apa yang dikerjakan akan selalu mendapat pahala dan keberkahan.

 Kamu sering muncul rasa malas berkegiatan saat menjalani puasa? Kalau iya, tandanya kamu wajib tahu apa aja yang harus dilakukan biar puasanya lancar dan tetap produktif menjalani kegiatan sehari-hari.

Apa Sih 7 Tips Tetap Produktif Saat Puasa?

Jangan bingung deh. Simak penjelasan tentang 7 tips tetap produktif saat puasa dibawah ini biar apa yang kamu kerjakan selama bulan puasa bisa mendapat pahala dan berguna untuk diri sendiri.

Tidur Lebih Awal

Siapa yang masih begadang? Kamu? Yuk mulai dari sekarang biasakan tidur lebih awal biar dapet waktu tidur yang cukup. Dengan cara ini kamu jadi bisa bangun sahur. Makan sahur itu penting loh, agar daya tahan tubuh kamu tetap fit dan gak ada kata mager.

Bangun lebih awal juga bikin kamu bangun pagi dan merasa fresh saat menghirup udara pagi.

Membuat Rencana Kegiatan

Saat malah hari, coba deh bikin rencana kegiatan tentang apa aja yang akan kamu lakukan besok hari. Kamu bisa membuat list apa yang mau dikerjakan berdasarkan prioritas.

Tujuannya, biar tau apa yang harus kamu lakukan nanti. Kemudian, kamu jadi lebih mudah mencapai target kapan pekerjaan akan selesai. Jangan lupa juga masukkan jadwal mengaji didalam list pekerjaan ya.

Olahraga Ringan

Siapa bilang kalo puasa itu gak boleh dilakukan saat puasa. Olahgara justru bisa membuat semangat gerak kamu bertambah.

Pasti yang ada dipikiran kamu saat ini adalah takut haus. Tenang! Kamu gak perlu olahraga yang harus mengeuarkan tenaga besar dan bikin haus. Kamu cuma perlu olahraga ringan aja biar badan segar dan bersemangat.

Sempatkan Beristirahat

Istirahat saat berkegiatan sembari puasa itu penting banget loh. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan semangat kamu. Sama seperti ponselmu, badan juga perlu recharge agar tetap punya daya atau kekuatan.Waktu istirahat yang efektif yaitu sekitar 20-30 memit agar tubuh kami bisa kembali produktif.

Agar ingat waktu istirahat, ada baiknya memasang alaram. Dengan ini jadwal tau kapan harus berhenti bekerja dan kapan memulaiamya lagi.

Perhatikan Asupan Makanan

Siapa nih yang kalo buka puasa suka makanan apa saja dimakan dan kalau sahur malas makan karena ngantuk? Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan ini! Soalnya, makanan yang kita konsumsi bisa berpengaruh untuk produktifikas tubuh saat berpuasa. Itu sebabnya menjaga makananan itu penting.

Sebagai anak kost, pasti mau nyari makanan untuk buka puasa adalah yang mudah dan cepat. Alhasil, mie instant sering jadi jalan keluar. Nah, mulai saat ini hindari keboasaan ini ya. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang cukup serat dan hindari makanan berminyak.

Makanan sehat yang anak kost friendly diantaranya adalah, sayuran, buah-buahan, oatmeal, susu dan masih banyakk lainnya. Kamu bisa memperlajarinya lagi makanan sehat apa yang pas untuk anak kos.

Sholat Tepat Waktu

Sholat bukan hanya waktu berdoa kepada Allah, tetapi waktu ini juga bisa menjadi jeda untuk rehat dari segala kepusingan yang kamu temukan saat melakukan pekerjaa atau tugas.

Saat mendengar adzan, sebaiknya untuk segera bergegas sholat. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk rehat dari tugas. Selain itu, kamu juga minta kemudahan kepada Allah atas apa yang kamu kerjakan. Dijamin deh, setelah ini kamu akan merasa tenang dan lebih produktif.

Lakukan Pekerjaan Penting Setelah Sahur

Buat kamu yang punya tugas yang berat, lebih baik mengerjakannya setelah sahur. Soalnya, waktu ini adalah koment dimana kamu masih punya energi yang banyak. Dengan ini pekerjaan jadi lebih mudah diselesaikan demgan baik deh.

Baca Juga: 6 Tips Agar Mudah Sahur Saat Ramadhanm

Penutup

Dari penjelasan 7 tips tetap produktif saat puasa diatas, kamu udah tau apa yang harus dilakukan. Mulai sekarang, yuk segera perbaiki diri dengan  mengkiti tips diatasa. Dijamin deh, kamu bakal lebih terasa nyaman dan senang menjalani puasa sembari berkegiatan sehari-hari.

Biar makin semangat jadi pribadi yang produktif, gak ada salahnya pilih juga tempat kost yang baru biar makin nyaman. D’paragon punya fasilitas tempat kost yang dijamin akan membuat kamu selalu nyaman.

Cek aja website D’paragon untuk pilih hunia dengan fasilitas yang cocok dengan kebutuhan mu. Intip juga instagramnya untuk kepoin berita menarik seputar D’paragon Kost.

Oh ya, kamu juga bisa dapetin potongan harga sampai dengan 70% buat kamu yang reservasila via Aplikasi D’paragon. Yuk nginep di D’paragonn!

Leave a Reply