Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil memang penting untuk diketahui. Karena tidak menutup kemungkinan jika masih terdapat beberapa bumil yang salah mengartikan kondisi tersebut. Sembelit memang masalah yang sering dialami bumil, terutama di awal kehamilan.

Meski begitu, ada beberapa ibu hamil yang tidak mengalami hal tersebut. Sembelit ini biasanya dipicu dari banyak hal. Salah satunya adalah perubahan hormon, sehingga membuat pergerakan usus lambat. Selain itu, penggunaan vitamin kehamilan, apalagi zat besi memiliki efek samping yang cukup berat.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Ternyata Sangat Mudah
babycenter.com

Berbagai Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil

Karena akan sangat mengganggu, maka ada baiknya jika Anda menggunakan beberapa cara sederhana berikut ini. Berikut berbagai cara yang bisa anda gunakan ketika mengalami kondisi tersebut.

Mencukupi Kebutuhan Serat

Rata-rata orang membutuhkan kebutuhan serat sekitar 25-35 gram per harinya. Untuk ibu hamil, juga tidak perlu menggunakan takaran tersebut, namun cukup tambahkan asupan serat dalam menu makanan saja.

Beberapa makanan yang kaya akan serat seperti sayuran atau buah kiwi. Meski begitu, konsumsinya jangan sampaiĀ  berlebihan.

Makan dalam Porsi Kecil

Jika Anda makan dalam porsi besar tentunya akan membebani kinerja pencernaan, sehingga memperparah sembelit. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika Anda makan dalam porsi kecil tapi sering. Jika biasanya makan 3 kali sehari, maka ganti menjadi 6 kali sehari.

Hindari Menunda BAB

Jika sering menahan BAB, maka akan melemahkan otot pengontrol usus dan memicu sembelit. Ibu hamil sebaiknya jangan menahan bab, jika memang sudah teras, sebaiknya segera pergi ke toilet.

Perbanyak Cairan

Dalam sehari, sebisa mungkin Anda minum 8 hingga 10 gelas per harinya, sehingga bisa melancarkan bab. Adanya cairan bisa membuat kotoran yang padat menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan, sekaligus melunakkan feses.

Konsumsi Probiotik

Mengkonsumsi probiotik seperti yogurt, bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil. Probiotik nyatanya bisa merangsang bakteri lebih aktif untuk memecahkan makanan di usus.

Lebih Aktif Bergerak

Meski ibu sedang hamil, namun tetap perlu aktif bergerak. Kegiatan tentunya bisa membantu menghilangkan sembelit. Anda bisa melaksanakan kegiatan ini dengan rutin berjalan kaki setidaknya 10 menit setiapĀ  hari.

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil, dengan mudah. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah mengatasi sembelit ketika sedang hamil. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, yuk, kunjungi laman dparagon.com atau unduh aplikasinya di Playstore atau AppStore. Sejumlah kost eksklusif menjadi sajian utama di sana dan tentunya akan ada kabar-kabar terkini lainnya.