Saat ini mendaki gunung bukan hanya dilakukan untuk pecinta alam saja tetapi untuk kalangan muda-mudi. Banyak orang yang mempunyai pengalaman mendaki gunung, tetapi tidak sedikit yang belum akrab dengan aktivitas ini. Kerapnya dari mereka masih newbie dalam mendaki gunung, bahkan ajakan dan motivasi untuk mendaki lantaran ingin mencoba hal baru. Berikut ini tips mendaki gunung untuk Anda yang masih pemula. Simak artikel ini hingga selesai.

Tips Mendaki Gunung yang Harus Diketahui Para Newbie
pixabay.com

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Anda pemula yang sedang mencoba menaklukan gunung? Tidak masalah, sebaiknya Anda aplikasikan beberapa tips mendaki di bawah ini

Menentukan Lokasi

Semua jalur hacking tidak diciptakan sama, pasti setiap jalur mempunyai medan perjalanan yang berbeda. Untuk Anda yang baru pertama diubah lebih baik mencari lokasi dengan medan perjalanan yang mudah dan tidak terlalu tinggi.

Melatih Otot Kaki dan Keseimbangan

Kegiatan melatih otot bisa dilakukan dengan lari pagi atau sore secara rutin. Aktivitas ini bertujuan untuk melatih otot supaya tidak kaget saat mendaki gunung. Jadi saat anda mendaki tidak perlu khawatir dengan medan perjalanan sesulit apapun.

Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling penting saat mendaki. Jika Anda nekat untuk naik gunung dalam keadaan tidak fit hanya akan merepotkan teman lainnya serta tidak sampai puncak.

Cara Berjalan Saat Mendaki

Saat mendaki gunung dalam berjalan tidak asal-asalan. Dengan kaki yang selalu lentur pada saat menapakkan kaki di tanah serta tetap fokus dengan pijakan. Jika Anda kaku maka kemungkinan besar cedera bisa terjadi hal itu akan menghambat proses pendakian.

Diusahakan Tidak Mengeluh

Mengeluh saat perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik dan sungguh harusnya dihindari. Jika Anda mengeluh hal ini akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Saat mendaki sebaiknya jangan mengeluh dalam kondisi apapun, lebih baik Anda menyemangati diri dan selalu ceria saat mendaki.

Mengikuti Instruksi dan Larangan Petugas

Sebelum mendaki pastinya Anda harus mendaftar ke petugas gunung terlebih dahulu. Setelah melakukan pendaftaran pastinya petugas akan memberikan instruksi dan larangan saat mendaki gunung. Jadi patuhi instruksi dan larangan yang disampaikan petugas.

Untuk Anda yang masih newbie dan ingin mendaki gunung sebaiknya mengikuti tips mendaki gunung di tersebut. Jika Anda sudah mempersiapkan nya jauh-jauh hari pasti tidak akan kaget.

Solusi kost eksklusif murah dimana, ya? Jangan bingung, dparagon.com cocok buat Anda yang tengah mencari penginapan murah namun berkualitas. Unduh aplikasi di Playstore dan Appstore, auto lakukan reservasi segera.