Diambi Dari Event Pekan Raya Jakarta 2019 Via Instagram

Pekan Raya Jakarta, Event Tahunan Untuk Perayaan Ultah Jakarta – Udah tahu belum kalau di Jakarta ada sebuah event besar tahunan yang wah banget? Yups, namanya Pekan Raya Jakarta.

Pekar Raya Jakarta punya sebuatan lait yaitu PRJ atau Jakarta Fair. Namanya emang “pekan” tapi acara ini dilaksnakan selama satu bulan yaitu mulai pertengahan Mei s/d Juli sebagai event menyambut ulang tahun Jakarta tepat 22 Juni.

Nah, PRJ ini bukan event sembarangan loh karena punya sejarah yang panjang sampai akhirnya jadi event paling keren saat ini. Gak Cuma buat anak muda aja, dari yang kecil sampai yang tua bisa menikmati acara besar ini.

Apa Sih Pekan Raya Jakarta Itu? Dan Ada Apa Ja di Event Besar Ini?

Duh, kalo ngomongin PRJ sih buat anak muda Jakarta gak asing lagi sama gimana suasana PRJ dan apa aja yanh ada di sana. Tapi udah tahu belom kalo PRJ punya sejarah yang menarik?

Nah, buat kamu yang bukan anak Jakarta, simak sampe akhir juga ya! Karena D’paragon mau kasih tau ada apa aja di PRJ.

Sejarah Singkat PRJ

Pertama kali diselenggarakan Pekan Raya Jakarya adalah pada tahun 1968 dan dibuka oleh Presiden Soeharto dengan melepas merpati pos di Kawasan Monas. Saat itu namanya bukan PRJ tapi Djakarta Fair (DF), sesuai dengan ejaan waktu itu.

Penggagas acara ini adalah Syamsudin Mangan atau Haji Mangan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri dan membangkitkan ekonomi pasca G30S tahun 1965. Beliau terinspirasi dari pameran tekstil international yang sering ia ikuti dan Pasar Malam Gambil yang saat itu jadi pasar malam paling ramai di Jakarta.

Nah, Syamsudin Mangan mengusulkan idenya ke Ali Sadikin yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Usulan ini diterima oleh Pemerintah DKI karena mereka juga mau membuat pameran besar yang berpusat, berlangsung lama dan untuk menyatukan pasar-pasar malam di Jakarta. Salah satunya yaitu Pasar Malam Gambir.

Setelah adanya persetujuan, akhirnya mendapat sebuah keputusan yaitu bahwa event besar ini akan diselenggarakan untuk merayakan ultah Jakarta dan berlangsung lama atau sekitar satu bulan.

Kemudian Pemkot DKI, membuat pantia sementara yang bernama Kamar Dagang dan Industri (KAMDI) yang diketuai oleh Syamsudin Mangan. Sayangnya, saat acara belum terlaksana  Haji Mangan tutup usia.

Meskipu begitu, Djakarta Fair tetap berlangsung sesuai dengan perencanaan dan berhasil menarik banyak perhatian pengunjung. Gak nanggung, pengunjungnya sampai mencapai 1,4 juta orang.

Pada tahun ke-2, acara semakin meriah dan bahkan Presiden AS pada saat itu  Richard Nixon, datang ke DF 1969. Bukan hanya sebulan, DF ini diselenggarakan selama 71 hari dan memecahkan rekor sebagai event terlama dibanding acara lainnya.

Sampai tahun seterusnya, DF berubah menjadi Pekan Raya Jakarta dan semakin berkembang serta meriah sampai sekarang ini.

PRJ Dalam Perturan Daerah (Perda)

Seperti yang kita tahu kalau PRJ ini dinobatkan jadi acara tahunan untuk menyambut hari ulang tahun Jakarta, ternyata keputusan ini gak sebarangan loh. Sebagai bentuk resminya, Pemkot Jakarta mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 8 tahun 1968 yang isinya tentang penetapan PRJ sebagai acara tahunan dan diselenggarakan untuk menyambut ulang tahun Jakarta yang jatuh pada setiap 22 Juni.

Lokasi Penyelenggaran PRJ

Saat ini lokasi penyelenggaraanya adalah di Jakarta International Expo (Jiexpo) Kemayoran. Alamat lebih lengkapnya di RW.10, Pademangan, Pademangan Timur, Jakarta Pusat.

Lokasinya luas banget loh, yaitu 44 Hektar. Ini sih gak heran kenapa PRJ sering disebut sebagai event terbesar di Asia Tenggara.

Kegiatan di Event PRJ

Sebagai event terbesar di Asia Tenggara, gak perlu diraguin lagi tentang keseruan apa aja yang bisa kamu lakukan di PRJ. Mulai dari anak kecil, anak muda sampai orang tua, semua bisa menikmati acara tahunan terbaik di Jakarta yang satu ini. Pe gunjung bisa berbelanja dengan harga murah, wisata kuliner, melihat pertunjukkan karnaval, meenonton konser, foto di spot unik dan masih banyak keseruan lainnya.

Buat anak muda, ini adalah salah satu event terbaik buat kamu. Kapan lagi kami bisa belanja pakaian, keperluan kuliah atau kerja, keperluan alat rumah untuk kost dengan harga yang murah. Kamu juga bisa nikmati konser dari grup musik terkenal juga dengan gratis. Duh, asik banget kan.

PRJ saat Pandemi 2020

Saat Pandemi 2020, acata PRJ gak diselenggarakan sepetinya tahun-tahun sebelumnya. Untuk mematuhi aturan pemeri tah dalam upaya memutus tali penyabaran virus  covid-19, pameran terbesar di Asia Tenggara ini harus diliburkan sementara.

Yah, semoga aja tahu 2021 dan tahun selanjutnya PRJ kembali diselenggarakan biar kamu, anak kost di Jakarta atau anak muda dari manapun bisa merasakan kemerian Pekan Raya Jakarta. Untuk cari tahu info terupdate tentang penyelenggaraan setiap tahunnya, kamu bisa kunjungi instagram Jakarya Fair

Baca Juga: Wisata di Gajah Mada Jakarta, Ada Penjara Bawah Tanah!

Penutup

Pekan Raya Jakarata adalah event yang menarik,  bukan? Saat pandemi udah selesai, yuk dateng ke PRJ biar kamu bisa merasakan keseruannya.

Buat kamu, anak muda dari luar kota yang nanti mau dateng ke Jakarta untu menghadiri PRJ, jangan lupa nginepnya di D’paragon. Buat anak kost yang mencari tempat tinggal baru juga bisa loh.

Tinggal kunjungi website D’paragon dan Instagramnya. Kamu bisa pilih hunian sesuai yang kamu mau. Sst, ada potongan harga cakep buat kamu yang reservasi lewat aplikasi D’paragon. Yuk nginep di D’paragon!

Leave a Reply