Anda sering merasa bosan saat belajar. Maka kini saatnya Anda terapkan salah satu metode belajar yang asyik dan dapat mengatasi rasa kebosanan tersebut. Dalam hal ini Anda dapat menerapkan teknik belajar feynman.

alah satu teknik belajar yang dapat membuat paham konsep pelajaran hingga ke akar-akarnyaa tanpa harus menghafal rumus atau tipe soal.

Teknik Belajar Feynman
filipacanelas.com

Mengenal Teknik Belajar Feynman

Belajar dapat kita artikan sebagai proses menyerap informasi untuk dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak metode belajar yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah metode feynman.

Metode ini dapat menjadi pilihan belajar yang cukup efektif. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Feynman. Yakni metode yang menitikberatkan bagaimana Anda dapat menyampaikan materi dengan cara yang cukup sederhana. Dengan kata lain, metode feynman mengajak Anda untuk berpura-pura menjadi pengajar.

Belajar dengan Menggunakan Metode Feynman

Adapun langkah-langkah belajar dengan menggunakan teknik feynman antara lain:

  1. Pilih Topik Belajar

Ambil selembar kertas, tulis judul beserta poin-poin penting dari materi yang akan dibahas. Selanjutnya baca dan jelskan dengan menggunakan bahasa Anda sendiri.

  1. Pelajari Bagian yang Belum Dimengerti

Dalam hal ini Anda dapat menambahkan sumber dari buku, internet, atau yang lainnya.

  1. Tulis dalam Bentuk Catatan

Setelah berhasil menguasai topik, maka saatnya mengorganisir catatan menjadi lebih rapi. Gunakan gambar, diagram, atau mindmap sesuai dengan keinginan Anda

  1. Ajarkan ke Orang Lain

Langkah terakhir adalah dengan mengajarkan kepada orang lain. Ajak teman, adik atau yang lain untuk mendengarkaan penjelasan Anda mengenai topik belajar tadi. Buka sesi tanya jawab agar lebih menantang, hal ini dapat membuat Anda untuk lebih mudah memahami materi lebih dalam.

Dengan menerapkan teknik belajar feynman, maka kita mampu belajar memahami topik hingga ke akar-akarnya. Tidak harus terpaku pada buku. Bagi Anda yang merasa penat, ingin mengisi waktu libur segera lakukan reservasi di Dparagon. Bisa juga dengan download aplikasi di Play Store atau App Store.