Supaya dapat membantu anak mendapatkan manfaat dari berpuasa, maka peran orangtua cukup penting di dalam mengajari anak berpuasa semenjak kecil. Walaupun belum ada kewajiban untuk berpuasa, namun tak ada salahnya bagi orangtua untuk mengganti puasa si kecil. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara mengajarkan anak puasa sejak dini agar lebih mudah.

Melansir dari ‘Journal of the Pakistan Medical Association’, National Health Service UK mengatakan bahwa berpuasa tidaklah berbahaya bagi anak-anak. Hal tersebut tentu saja sesudah mempertimbangkan keadaan anak lebih dulu serta dengan cara yang tepat di dalam mengajari si anak berpuasa.

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini
pixabay.com

Mudah! Begini Cara Mengajarkan kepada Anak Puasa Sejak Dini

Menjalankan ibadah puasa memang perlu ditanamkan kepada anak-anak semenjak mereka masih kecil. Pasalnya, apabila anak sudah mulai terbiasa melaksanakan puasa dalam sehari penuh, maka ia bakal lebih siap saat dewasa kelak. Selagi umurnya masih belia, sebagai orangtua, Anda harus melatih dan juga mengajari anak untuk belajar puasa.

Lantas, bagaimana caranya supaya anak suka dan menjalankan puasa dengan perasaan gembira? Yu, perhatikan tips-tips berikut ini!

Ajari Anak Berpuasa di Umur yang Tepat

Penting untuk orang tua tahu kapan waktu tepat mengajari anak berpuasa. Ya, orangtua harus memertimbangkan apakah sang anak sudah mampu menjalankan puasa sebelum mulai mengajarinya. Sebagai saran, orang tua bisa mengajak anak puasa bersama menjelang masa pubertasnya atau paling tidak di atas umur 8 tahun.

Lakukan Bertahap

Latihlah anak supaya terbiasa berpuasa dengan melakukannya secara bertahap. Pada tahap awal perkenalkan lebih dahulu anak dengan puasa, lalu mulai ajari anak berpuasa selama setengah hari (pagi sampai waktu makan siang). Sesudahnya, Anda bisa menjajal menambah waktu berpuasanya secara perlahan, sampai sekiranya anak mampu puasa hingga sore hari.

Hargai Usaha Anak untuk Menjalankan Puasa

Harapannya, dengan menghargai usaha anak ketika berpuasa, bisa meningkatkan semangat anak supaya terus belajar puasa. Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan. Seperti memberikan penghargaan terhadap anak sesudah puasa dengan memujinya di hadapan anggota keluarga yang lain. Bisa juga dengan menjanjikan hadiah apabila anak berhasil menjalankan puasa.

Lakukan Hal Menyenangkan Bersama Anak

Kegiatan menyenangkan dan anak sukai bisa menjadikan ia lupa akan rasa lapar yang mungkin muncul. Orang Tua dapat mengajak anak bermain sebuah permainan ringan serta tak membuat lelah. Apabila anak merasa lelah, Anda bisa mengajarkan anak agar tidur siang sejenak tidak terlalu terasa rasa laparnya.

Siapkan Makanan Berbuka Kesukaannya

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini selanjutnya yaitu dengan Anda menyediakan makanan berbuka yang menggugah selera. Anak biasanya bakal senang berpuasa, jika pada saat berbuka Anda menghidangkan sajian sesuai permintaan atau selera anak. Tidak harus mahal, yang penting mampu menjadikan anak merasa senang.

Sebagai informasi tambahan, apabila Anda jika Anda sedang pergi berlibur dan membutuhkan informasi penginapan yang cozy, harga terjangkau, dengan fasilitas memadai, silahkan Anda menghubungi Dparagon. Untuk reservasinya, bisa melalui web resmi dparagon.com atau mengunduh aplikasinya di App Store dan Google Play Store.