Public speaking adalah komunikasi yang kita lakukan dengan cara berbicara di depan umum atau di hadapan publik . Kemampuan public speaking sangat penting kita miliki untuk menghadapi dunia pekerjaan atau pendidikan. Namun banyak orang yang ragu untuk berbicara dengan banyak orang lalu belajar tips public speaking untuk pemula.

Tips Public Speaking untuk Pemula yang Harus Kamu Kuasai
pixabay.com

Berikut Ini Adalah Tips Public Speaking untuk Pemula

1. Latihan Sebelum Melakukan Public Speaking

Untuk para pemula, latihan yang bisa kita lakukan adalah berdiri kemudian berbicara berhadapan dengan cermin.

2. Kenali Audiens

Sebelum melakukan public speaking, cari tahu peserta yang akan kita hadapi agar bisa menyesuaikan isi materi yang kita bawakan dan juga agar kita tidak kesulitan menyapa audiens.

3. Buatlah Komunikasi Dua Arah

Dalam suatu obrolan penting untuk berkomunikasi antara dua pihak agar kedua individu bisa mendapatkan informasi dengan cara seperti melempar pertanyaan kepada audiens.

4. Usahakan Jangan Membaca Secara Utuh

Ketika melakukan public speaking sebaiknya kita membuat poin-poin penting pembicaraan yang akan disampaikan. Ini merupakan salah satu hal penting sebagai  tips public speaking untuk pemula.

5. Belajar Melafalkan Kata

Saat kita menyampaikan pembicaraan, pastikan kita menggunakan intonasi yang sesuai agar pendengar tidak merasa bosan. Akan tetapi dalam hal ini kita perlu memperhatikan jenis acara tersebut.

6. Perhatikan Gaya atau Bahasa Tubuh

Gerak – gerik pembicara saat public speaking akan membuat peserta tertarik. Jika kita berbicara dengan rasa percaya diri, pendengar akan merasa nyaman dan memahami apa yang kita sampaikan.

7. Jangan Takut Salah

Selalu ada yang pertama untuk segala hal, dan jangan pernah takut untuk mencoba!

Jangan lupa kunjungi web D’paragon untuk tips menarik lainnya seputar public speaking. Bisa juga unduh aplikasinya di Playstore maupun Appstore.

Nah , itu tadi merupakan tips public speaking untuk pemula yang wajib kamu kuasai sebelum melakukannya!