Baru-baru ini ada objek wisata di Banjarmasin yang baru ditemukan dan telah diresmikan oleh masyarakat di Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus kemarin.
wisata di banjarmasin
Air terjun Tumaung via fullsrg.blogspot.com

Demam traveling menyerang siapa saja, khususnya anak-anak muda di Indonesia. Jalan-jalan ke tempat wisata andalan di tiap daerah dan sudah terkenal mungkin sudah biasa ya, tetapi jika sesekali melakukan ekspedisi mengunjungi objek wisata yang masih perawan? Mungkin akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Dilansir dari Banjarmasin.Tribunnews.com, tren mencari objek wisata baru sedang digandrungi oleh berbagai komunitas baik itu komunitas pejalan maupun pecinta alam. Salah satu yang sedang ramai dibicarakan adalah Air Terjun Tumaung.

Air terjun ini terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, lokasinya berada di perbatasan antara kecamatan Hantakan dan Batang Alai Timur, jadi jarak dengan ibukota Kabupaten HTS pun cukup jauh.

Jika kamu pecinta hiking dan penikmat air terjun maka Air Terjun Tumaung ini layak untuk kamu kunjungi saat kamu di Banjarmasin. Letaknya yang berada di tengah pegunungan Maratus membuat akses jalan ke sana sangat menantang.

Kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menuju kesana, karena meskipun kendaraan roda dua maupun empat bisa digunakan untuk mencapai Air Terjun, tetapi kamu tetap harus bersiap-siap untuk jalan kaki sejauh kurang lebih 3 kilometer dari pintu gerbang masuk menuju Air Terjun Tumaung.

Akses jalan menuju Air Terjun Tumaung memang belum dibangun dan digarap oleh pemerintah setempat, karena air terjun ini adalah objek wisata yang tergolong baru, jadi sarana dan prasarana pun masih terbatas.

Jangan heran jika akses menuju kesana sangat terjal dan curam, tetapi pemandangan yang disuguhkan memang setimpal dengan beratnya tantangan saat kamu melakukan perjalanan meunuju air terjun. Membawa guide sangat disarankan, biasanya guide untuk menuju air terjun adalah warga lokal yang tinggal di dekat air terjun.

Bagi kamu yang malas untuk jalan kaki menuju air terjun, berbahagialah! Karena masyarakat di sekitar Air Terjun Tumaung ada yang menyediakan jasa ojek motor untuk menuju lokasi, kamu hanya perlu menyiapkan dana kurang lebih Rp 45ribu.

Ternyata Air Terjun Tumaung terbagi menjadi dua, terbagi menjadi air terjun bawah dan atas. Masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda, air terjun Tumaung bawah memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, sedangkan air terjun Tumaung atas memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter.

Jika kamu ingin berpetualang ke air terjun Tumaung, kamu harus menuju kabupaten Hulu Sungai Tengah lalu menuju Birayang, lalu kec. Batang Alai Timur tepatnya di Desa Hinas Kiri, setelah itu kamu harus melewati Balai Adat Hinas Kiri untuk mencapai pintu gerbang Tumaung.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Tumaung? Musim penghujan, sekitar bulan Oktober – April, karena pada saat musim penghujan lah air terjun Tumaung mengalir lebih deras.

Apa saja sih yang harus kamu persiapkan sebelum jalan-jalan ke air terjun Tumaung?

1. Memakai sandal gunung atau sepatu gunung atau sandal yang anti selip, mengingat akses jalan yang terjal dan supaya kamu tetap nyaman selama di perjalanan.

2. Membawa bekal seperti snack dan air minum (lebih menyarankan membawa air putih dengan ukuran botol yang besar 1,5 liter), karena Tumaung adalah objek wisata baru dan belum adanya warung-warung seperti tempat wisata umumnya yang sarana dan prasaranya lebih lengkap.

3. Memakai pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat.

4. Tidak lupa untuk membawa kantong plastik khusus untuk sampah, selalu jaga kelestarian alam dan tetap menjaga kebersihan supaya tidak menimbulkan bencana.