Diambil Dari Andrea Piacquadio Via Pexel
Diambil Dari Andrea Piacquadio Via Pexel

7 Hal Penting Sebelum Memutuskan Merantau Untuk Kuliah – Duh, sekarang ini udah masuk waktu dimana para anak-anak yang baru lulus SMA/SMK mencari kampus impian. Kalau kamu, udah ada pilihan universitas yang dituju atau belum?

Selepas lulus dari sekolah menengah, ada banyak anak muda yang memutuskan merantu untuk meneruskan ke perguruan tinggi. Beberapa dantara kota tujuannya seperti Yogyakarta, Solo Malang, dan beberapa kota lainnya yang terkenal memilki universitas unggulan.

Nah, kalo kamu adalah salah satu dari calan perantau, apakah udah siap? Tinggal jauh dari orang tua itu perlu petimbangan yang cukup matang loh.

Itu sebabnya kamu wajib banget hal-hal penting apa yang perlu jadi pertimbangannya.

Apa Aja 7 Hal Penting Sebelum Memutuskan Merantau?

Tujuan mengetahui 7 hal penting sebelum memutuskan merantau adalah agar kamu jadi lebih tau apa yang akan dihadapi nanti. Makanya, simak artikel dibawah ini sampai habis ya.

Kenali Kota Tujuan Rantau

Sebelum kamu memutuskan untuk di sebuah kota yabg belum pernah ditinggali, mengenali matang-matang kota tujuan adalah wajib. Beberapa hal penting yang perlu tinjau diantaranya adalah berapa biaya kehidupannya, apakah ada rekam jejak buruk dalam pergaulan di kota itu dan bagaimana suasana kotanya.

Kalau kami cocok dengan bagaimana keadaan atau budaya di kota itu, baru deh satu alasan kamu bisa tinggal dikota ini sudah ditemukan.

Punya Keahlian Memadai

Seperti yang kita tahu kalau hidup di kosan hanua sendiri. Kalau terjadi apa-apa kamu harus bisa menyelesaikannya sendiri.

Misalnya seprti jika saat lampu tidak menyala, kamu bisa membetulkannya sendiri. Kamu wajib bisa mencuci baju, membereskan kamar dan merawat dirimi sendiri.

Persiapan Mental

Disaat kamu hidup sendiri, di situlah mental kamu akan diuji. Pastikan kamu berani tinggak sendiri di kota orang. Tanpa mental yang kuat, kehidupan jadi anak perantau akan lumayan sulit.

Gimana? Mentalmu sudah siap meninggalkan kampung halaman? Kalau siap, berarti satu alasan yang mendukung kamu bisa merantau sudah ditemukan.

Pintar Berhemat Uang

Kalau biasanya saat uang habis langsung minta ke orang tua, maka yang terjadi saat merantau adalah lain hal. Emang sih mereka bisa aja ngirim uang untuk kamu uang tinggal diperantau, tapi ada baiknya untuk gak menyusahkan orang tua kalau kamu benar-benar gak kepepet.

Sebagai anak perantuan, berhemat adalah wajib. Dengan ini, kamu jadi gak was-was kehabisan uang. Eits, gak Cuma itu kamu juga bisa menyisihkan uang untuk tabungan.

Belajar Sikap Sopan dan Ramah

Sebagai anak perantauan, kamu akan menumukan banyak orang baru seperti teman kampus baru, kolega di tempat kerja, teman tempat kost dan lainnya. Gak menutio kemungkinan pula kalau kamu akan berinteraksi dengan mereka.

Nah, bertemu dengan orang baru itu wajib banget bersikap sopan. Itu sebabnya kamu harus punya kemampuan yang baik dalam sikap sopan dan ramah.

Pastikan Punya Kenalan, Teman atau Saudara di Kota Rantau

Coba kamu pertimbangkan dulu deh, apakah kamu punya saudara, keluarga atau teman yang tinggal di Kota Rantau. Kalau kamu punya kenalan, rasa takut tinggal di wilayah orang akan terminimalisir.

Hmm, kira-kira ada gak nih kenalah di kota tujuanm? Kalau ada, selamat kamu udah menemukan alasan bisa merantau. Kalau gak ada, pertimbangan lagi ya.

Pilih Tempat Kost Terbaik Untukmu

Nah, ini nih yang paling penting soalnya menyangkut kenyamananan dan keamanan kamu jadi perantau. Kami wajib banget pilih tempat kost yang tepat.

Caranya adalah pilih tempat kost sesuai dengan fasilitas kamar yang kamu butuhkan. Lalu, lihat jarak anatara tempat kost ke kampus agar kamu gak habis waktu dan habis ongkos saat berangkat kuliah. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki ya.

Nah, buay kamu yang lagi pilih-pilih temlat kost, jangan bingung ya! Tenang! Soalnya ada D’paragon yang siap bantu kamu cari tempat kost baru. Dijamin deh kamu bakal nyaman dan merasa aman, nyaman dan gak bikin kantong bolong saat ngekost di D’paragon.

Baca Juga: 10 Universitas Favorit di Indonesia Siap Menerima Kamu

Penutup

Gimana? 7 Hal penting sebelum memutuskan merantau bisa menjadi pertimbangan untukmu. Kenali dirimu lebih dalam apakah mampu jauh dari orang tua atau hidup mandiri di kota orang. Lalu baru kami bisa memutuskan apakah kamu sudah bisa jadi perantau atau belum.

Oh ya, buat kamu yang udah fix mau merantau, pesen tempat kostnya di D’paragon ya. Gak perlu keliling kota, kamu tinggal survey tempat kost hanya dengan lewat aplikasi D’paragon Kost. Cek instagramnya juga, soalnya sering mengadakan giveaway. Yuk, nginep di D’paragon ya!

Leave a Reply