Asal Usul Ngabuburit
Diambil Dari Himanshu Sharma Via Pexel

Asal Usul Ngabuburit yang Anak Kost Harus Tahu – Hi Hi, Anak Kost! Pasti kamu udah gak asing lagi kan dengan istilah “ngabuburit”. Kata ini udah sangat populer banget untuk masyarakat Indonesia dan sangat identik kaitannya dengan bulan Ramadhan.

Kita tahu kalau ngabuburit, secara singkat, adalah sebuah kegaitan yang dilakukan saat menunggu waktu buka puasa. Kegiatannya macem-macem, mulai dari keliling mencari takjil, keliling lingkugan sekitar sambik nunggu waktu maghrib dan masih banyak lainnya. Biasanya dilakukan mulai dari setelah ashar sampai dengan adzan maghrib.

Nah, kira-kira nih kamu udah tahu belom apa sih arti ngaburburit dan bagaiamana asal usul nama ini jadi populer di masyarakat. Itu sebabnya, bjar kamu makin tahu, kamu wajib cari tahu di artikel ini sampai akhir ya.

Apa sih Asal Usul Ngabuburit?

Dibawah ini adalah asal usul Ngabuburit. Biar keren, kamu wajib banget tahu sejarah kata yang sering diucap saat Ramadhan alias ngabuburit. Simak sampai akhir ya.

Asal Usul Kata Ngabuburit

Sebenernya, kata Ngabuburit gak tertulis di KBBI (Kamun Besar Bahasa Indonesia). Namun, kata ini berasa dari bahasa daerah atau Bahasa Sunda.

Dilansir dari tribunnews.com, kata ngabuburit ada di dalam kamu Bahasa Sunda. Berdasarkan dari Kamu Bahasa Sunda yang diterbitkan leh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit berasa dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit”. Kalimat ini artinya adalaha bersantai sbil menunggu waktu sore.

Dalam Bahasa Sunda, “burit” artinya adalah sore. Yup, hal ini dikarenakan ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan sore hari pada saat bulan Ramadhan. Jadi, gak heran kalo banyak orang yang beranggapan kalo kata ini berasal dari “burit” aja.

Yah, ini sih emang bisa masuk akal kenapa orang bisa beranggapan seperti itu. Soalnya, secara morfologi, dari pengucapan “ngabuburit” yang paling terdengar adalah kata “burit”. Kebanyak orang cuma menganggap kalo kata sebutan ini dibuat dari kata burit dengan pengulangan sebuah penggalan suku kata di awal.

Sebutan Ngabuburit Dalam Bahasa Lokal Lain

Kegiatan ngabuburit ini bukan cuma ada di tempat tinggal kamu aja, tetapi udah ada di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Sebutan paling umum emang ngabuburit, tapi gak jarang juga ada beberapa daerah yang penyebutannya lain sesuai dengan bahasa masing-masing.

Salah satu contoh kata lain dari ngabuburit adalah “Malengah Puaso”. Kata ini berasal dari Bahasa Minang. Artinya adalah sebuah kegiatan yang mengalihkan rasa haus dan lapar karena berpuasa.

Awal Mula Muncul Kegiatan Ngabuburit

Jauh sebelum dikaitkan dengan Bulan Ramadhan, sebutan ngabuburit adalah hanya digunakan oleh masyarakat Sunda aja. Ini dikarenakan mereka punya sebuah tradis melakukan berbagai macam kegiatan dengan tujuan menjelang maghrib.

Dialnsir dari serangkota.co.id, sebutan ngabuburit mulai populer di seluruh kalangan masyarakat pada tahun 80-an. Ini bermula dari adanya sebuah kelompok pemuda dan salah sat9 tanah pasundan yaitu Kota Bandung mengadakan sebuah pertunjukkan musik. Mereka membuat sebuah event dengan nama Ngabuburit. Tujuannya sama, yaitu mengisi waktu luang di sore hari sambil menunggu maghrib tiba.

Sejak diadikan sebuah nama event ini lah, sebutan ngabuburit semakin popular. Bukan cuma di tanah pasundan, akan tetapi ja menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Nah, kegiatan ngabuburit ini hampir sama dengan kegiatan sebagain masyarakat Indonesia saat menunggu waktu buka puasa di Bulan Ramadhan. Jadi, sebutan ngabuburit sampai saat ini selau identik sebuah kegiatan rutinitas Bulan Puasa.

Ngabuburit Untuk Anak Kost

Buat anak kost yang bingung nih mau ngapain aja saat ngabuburit, tenang dong. Ada banyak kegiatan yang bisa kaku lakui mulai dari cari takjil murah di beberapa lokasi dekat tempat tinggal.

Kalau tidak, gak ada salahnya untuk cari takjil gratis di masjid terdekat. ini sih lumayan banget untuk anak kost yang mau irit uang jatah makan sehari-hari.

Baca Juga: Kisah Singkat Malam Nuzulul Qur’an, Malam Termulia

Penutup

Sekian dari kisah singkat tentang asal-usul ngabuburit bisa populer di Indoensia. Kira-kira, apa aja nih kegiatan yang paling kamu sukai saat ngabuburit? Isi di kolom komentar ya.

Oh ya, buat kamu yang mau cari tempat kost dengan hunia eksklusi, jangan lupa pesennya di D’paragon ya. Soalnya ada berbagai macam fasilitas yang bisakamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Caranya tingal kunjungin website D’pargon untuk pilih hunian yang sesuai dengan kamu. Cek Instagramnya juga ya, soalnya D’paragon sering update info-info menarik tentang dunia kost.

Satu lagi, ada potongan harga yang gede juga loh buat amu yang mau reservasi vial aplikasi D’oaragon. Kamu bisa dapetin potongan sampai dengan 70%. Ini sih lumaan banget buat tambah uang tabungan atau alan-jalan sama doi.

Leave a Reply