Tradisi Unik Saat Lebaran di Indonesia
Diambil Dari Rodnae Production Via Pexel

9 Tradisi Unik Saat Lebaran di Indonesia yang Bisa Anak Kost Ikuti- Hi Hi, Anak Kost? Gimana puasanya? Tentunya harus semangat dong! Gak terasa ya sebentar lagi udah sudah menjelang waktu lebaran. Duh, gak sabar sama ramainya tradisi lebaran yang selalu meriah.

Sebagai salah satu negara yang memiliki populasi masyarakata muslim terbanyak, perayaan hari raya lebaran selalu ramai dengan berbagai macam tradisi. Nah, kali ini D’paragon mau merangkum sejumlah tradisi Lebaran di Indonesia.

Apa Aja 9 Tradisi Unik Saat Lebaran di Indonesia?

Hmm, penasaran sama 9 tradisi unik saat lebaran di Indonesia? Simak sampai akhir ya.

Mudik

Mudik atau pulang ke kamoung halaman adalah sehUh tradisi yang gak pernah lepas dari Lebaran. Tujuannya adalh untuk bisa merayakan lebaran bersama dengan keluarga besar.

Buat anak kost, tradisi ini juga adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Masa dimana mereka bisa melepas rindu dengan suasana rumah, ibuk dan bapak serta sanak saudara lainnya.

Mulai dari trasportasi umum sampai dengan kendaraan pribadi, semua bertumlah ruah memadatai jalanan. Gak jarang sampai banyak acara berita di televisi nasional sampai membuat sebuah sesi sendiri untuk melaporkan arus mudik.

Membeli Baju Baru

Meskipun memakai baju baru bukanlah sebuah keharusan, tetapi tradisi ini gak pernah lepas dari tradisi lebaran. Jadi, udah bukan hal yang asing lagi kalo beberapa pusat perbelanjaan bakal ramai dan penuh dengan pembeli.

Takbiran

Duh, ini sih adalah moment yang selalu bikin anak muda seneng. Yups, takbiran biasanya dilakukan di masjid, mushola, di dekat rumah bahkan ada juga yabg berkeliling kampung. Takbiran ini adalah salah satu tradisi yang bikin suasana malam sebelum lebaran bikin meriah dan ramai.

Menyajikan Kue Lebaran

Saat Lebaran, rasanya kurang lengkap kalau di meja ruang tamu gak ada kue lebaran. Mulai daei kue nastar, kastangel, putri salju, kue kacang dan aneka kue lainnya wajib ada. By the way, kue favoritmu apa aja?

Ramainya peminat kue kering untuk lebara, sampai membuat para produsennya kebanjiran pesanan. Itu sebabnya, Hari Lebaran juga jadi sebuah keberkahan pagi penjual kue kering.

Sungkeman

Ini nih moment yang biasanya bakal terjadi pertumpahan air mata. Yup, tradisi sungkeman atau meminta maaf kepada orang yang lebih tua. Tradisi ini biasanya dilakukan sepulang dari sholat ied.

Siapa nih yang kalo lagi sungkeman suka gak kuat tahan nangis saat minta maaf? It’s okay kok yang penting setelah lebaran ini kita jadi seseorang yang bisa lebih baik lagi .

Bagi Angapo

Siapa bilang kalau berbagi angpa cuma dilakukan oleh Etnis Tionghoa aja? Eits, tradisi ini juga ada di perayaan lebaran. Orang tua atau sanak saudara yang sudah bekerja biasanya akan memberikan angpao kepada yang lebih muda.

Nah, kalau kamu udah ada di posisi mana nih? jadi orang yang udah membagikan angpao atau masih diberi angpao?

Menyajikan Makanan Khas Lebaran

Ketupat, opor ayam, rendang, kentang kering, gulai adalh sebagian kecil dari aneka jenis masakan yang sering dihidangkan saat lebaran. Gak heran kalau setelah lebaran akan ada banyak orang yang hasil timbangan badannya naik.

Meskioun bikin berat badan naik, tapi rasanya kirang lengkap kalau menu makanan diatas gak tersaji di meja makan.

Silaturahmi

Berkunjung ke rumah sanak saudara, teman, atau kolega kerja adalah sebuah tradisi yang gak pernah dilewatkan saat lebaran. Tradisi silaturahmi ini tujuannya adalah untuk mempererat ikatan hubungan agar tetap terjalin keharmonisan.

Liburan ke Tempat Wisata

Salah satu kegiatan yang dilakukan saat lebaran adalah liburan ke tempat wisata bersama keluarga. Tujuan tempat wisatanya, mulai dari wisata di dalam kot sampai dengan yang ada diluar kota. Tradisi ini biasanya jadi moment quality time bersama keluarga dan mempererat keharmonisan.

Oh ya, buat kamu mau berwisata pasca lebaran, jangan lupa pesen penginapannya di D’paragon ya. Soalnya ada banyak hunia dengan fasilitas eksklusif yang bisa kamu pilih. Penginapan D’paragon tersedia di beberapa kota besar di Indonesia loh.

Baca Juga: Tips Lebaran Seru Pasca Gagal Mudik Untuk Anak Kost

Penutup

Banyak banget bukan 9 tradisi unik saat lebaran di Indonesia? Duh, jadi gak sabar deh menunggu hari lebaran lebaran yang selalu ramai. Semoga lebaran tahun ini bisa memberikan keberkahan bagi semuanya, baik yang merayakan ataupun yang tidak.

By the way, D’paragon gak cuma menyediakan hunian untuk harian aja loh, tetapi juga bisa disewa untul bulanan dan juga tahunan. cocok untuk kamu yang lagi cari tempat kost dengan fasilitas eksklusif.

Caranya cek website D’paragon untuk pilih hunia yang sesuai dengan kemauanmu. Follow instagramnya untuk tahu informasi menarik. Unduh juga aplikasi D’paragon untuk dapetin potongan harga gede-gedean di setiap reservasiny ya.

Leave a Reply