Beasiswa S1 banyak menjadi incaran para siswa akhir semester. Saat ini merupakan akhir tahun ajaran sekolah. Buat kamu yang ingin melanjutkan jenjang S1 dan merasa tidak memiliki biaya untuk kuliah. Boleh dong menengok beberapa referensi beasiswa untuk kuliah.

Buat kamu yang memang sudah punya uang tidak ada salahnya mengambil beasiswa. Beasiswa ini ada yang ke luar negeri atau dalam negeri. Namun perlu diingat tentu masing-masing jalur beasiswa memiliki ketentuan dan syarat tertentu.

Macam-macam Beasiswa S1 yang Bisa Kamu Ambil
scholarsofficial.com

Macam-macam Beasiswa S1

Beasiswa ini terdapat banyak sekali namun perlu upaya untuk mendapatkannya. Untuk beasiswa luar negeri setidaknya kamu memiliki kemampuan berbahasa asing. Sedangkan beasiswa dalam negeri mungkin bisa kamu dapatkan dengan persyaratan yang mampu kamu siapkan.

Bidikmisi

Bidikmisi merupakan beasiswa yang banyak diincar oleh para calon mahasiswa. Beasiswa ini adalah biaya pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Biaya ini dikhususkan bagi mahasiswa kurang mampu dari segi ekonomi.

Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa ini bisa kamu temukan di perguruan tinggi ketika kamu sudah memasuki semester 2. Kamu akan mendapatkan beasiswa tiap bulannya. Untuk mendapatkan beasiswa ini kamu mesti melampirkan beberapa persyaratan.

Perusahaan Besar

Beberapa perusahaan besar juga menyediakan beasiswa untuk S1 diantaranya adalah beasiswa dari BI, BCA, BNI, Sampoerna, Djarum, dan lain sebagainya. Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini biasanya ditinjau dari IPK minimal 3,4 atau lebih. Beasiswa tersebut akan diberikan tiap semester hingga semester 8.

Kedutaan Besar

Buat kamu yang ingin melanjutkan jenjang perguruan tinggi di luar negeri, Kedutaan Besar bisa jadi jalur terbaik kamu. Tidak hanya mendapatkan biaya pendidikan, kamu juga akan mendapatkan tunjangan hidup. Jumlah tunjangan yang didapat menyesuaikan dengan tujuan kamu kuliah.

E-commerce

Beberapa e-commerce juga menyediakan beasiswa misalnya Bukalapak dan Tokopedia. Cakupan beasiswa ini berupa biaya kuliah dan living cost. Jumlah dan periodenya tergantung kebijakan dari pihak e-commerce sendiri.

Beasiswa Personal

Jenis Beasiswa S1 ini jarang terjadi tetapi mungkin ada. Sebagai contoh beberapa waktu yang lalu ada seorang dosen yang membiayai kuliah beberapa mahasiswa hingga lulus. Biasanya beasiswa ini berupa dana untuk biaya SPP dan praktikum saja.

Tetap semangat dalam mencari informasi seputar beasiswa, di samping itu kamu juga bisa mendapatkan referensi seputar kost berkualitas. Kepoin laman dparagon.com atau bisa juga melalui aplikasi yang dapat kamu install melalui Playstore dan Appstore.