Cara Kerja GeNose
Diambil Dari Miguel a Aadriñán Via Pexels

Cara Kerja GeNose, Alat Pendeteksi Covid-19, dan Biayanya – Hello, Anak kost! Baru-baru ini para ilmuan dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta mengeluarkan sebuah alat baru untuk mendeteksi virus Covid-19. Namanya adalah GeNose.

GeNose ini udah resmi loh beredar di seluruh wilayah Indonesia. Kementrian Kesehatan udah mengesahkan GeNose beredah dengan upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Bagaimana Cara kerja GeNose? Biayanya?

Biar kamu makin tahi dan makin paham bagimana sih kerja Genose dan berapa biayanya yang dibutukan untuk melakuka tes, mending baca aryike ini sampai abis deh. Dibawah ini adalah rangkuman serangkaian informasin seputar GeNose.

Awal Mula Munculnya GeNose

Sebelum caru tahu bagaimana cara kerjanya, kamu harus tahu bagaimana awal mula GeNose diciptakan. Waktu itu tim penelitian UGM sedang membuat mesin untuk mendeteksi seberapa besar kandungan kopi dan the pada sebuah minuman.

Namun akibat pandemi datang, tim dari UGM timbul kepeduliannya untuk memerangi Covid-19 dengan mengembangkan alat tersebut menjadi pendeteksi Virus Covid-19.

Setelah melakukan pengembangan dan uji coba berkali-kali, GeNose dinyatakan akurat dan lolos untik digunakan oleh masyarakat.

Tepat tanggal 5 Februari 2021, Kementrian Kesehatan mengesahkan GeNose menjadi alat pendeteksi virus Covid-19 yang valid dan boleh beroperasi ke seluruh wilayah Indonesia.

Cara Kerja GeNose

Dilasir dari laman berita UGM, GeNose bisa mengidentivikasi virus Covid-19 dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). Hal ini diungkapan oleh salah salah saty Tim Pengembangan GeNose yaitu Dia Kesumaprayuda Nurputra.

Dian menjelaskan kalo VOC ini terbentuk lantara ada virus Covid-19 yang keluar bersamaan dengan napas.

Jadi, orang-orang yang akan diperiksa denga  GeNose akan terlebih dahulu diminta menghembuskan napas ke sebuah tabung khusus.

Lalu, sensor-sensor dalam tabung khusus itu akan mulai bekerja dan mendeteksi VOC. Data yang didapat dari tabung ini, akan diolah dan akan muncul hasil akhirnya.

Waktu yang dibutukan GeNose untuk mendetekasi apakah oranf tersebut positif terpapar Virus Corona atau tidak Cuma membutuhkan waktu 2 menit aja. Cepat banget kan?

Tingkat  Akurasi GeNose

Tenang! GeNose ini udah melewati banyak pengujian sampai akhirnya diizinkan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

GeNose udah melalukan pengujian dengan menggunakan 600 sampel data valid daru Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan khusus Covid-19 di Yogyakarta.

Dari hasil pengujian itu, tingkat akurasi GeNose diketahui mencapat 97%. Wah, ini sih udah gak diragukan lagi kalau GeNose bisa jadi salah satu pilihan yang valid untuk mendeteksi Virus Corona.

Biaya Test

Biaya test GenNose murah banget loh. Biaya tes virus cuma sekitar Rp 15-25 ribu aja. Ini sih jauh banget harganya kalau dibandingin test Covid-19 lainya.

Buat kamu, para anak kost dan traveller, tentu ini bisa pas banget jadi pilihan kalian kalau mau tes Covid-19. Harganya yang ramah dikantong, jadi gak menganggu uang bulanan atau jatah pengeluaran kamu.

 Baca Juga: Naik Bus Saat New Normal, Ini Syaratnya

Penutup

Duh, GeNose ini emang alat yang kita butuhin banget nih selama Pandemi. Cara Kerja GeNose bagus dan biayanya juga pas banget buat semua kalangan apalagi para anak kost atau traveller yang mau bepergian karena harganya yanh sangat terjangkau.

Dengan adanya GeNose, semoga aja bisa menbantu orang-orang yang mau pergi jadi gak terlalu khawatir sama Covid-19.

Nah, buat kamu nih yang nati mau bepergian atau cari tempat penginapan yang bisa disewa harian, bulanan dan tahunan, mending pilih D’paragon deh. Ada banyak fasilitas yang kamu pilih sesuai denga  kebutuhan. Cek aja website D’paragon dan Instagramnya.

Ssst, ada promo menarik buat kamu yang reservasi lewat aplikasi D’paragon. Yuk nginep di D’paragon!