Diambil Dari Pixabay Via Pexels

Penetapan Puasa Ramadhan 2021, Kira – Kira Kapan ya? –  Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Duh, bikin gak sabar menyambut datangnya bulan yang suci Ramadhan 1442 Hijriah atau 2021.

Kapan Penetapan Puasa Ramadhan 2021 di mulai?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tinggal simak artikel penetapan Puasa Ramdhan 2021 dibawah ini. Dibaca sampai akhir ya biar kamu tahu bagaimana cara menentukan radhan, apa itu sidang isbat dan kapan kira-kira awal Ramadhan dimulai.

Proses Penentuan Tanggal Ramadhan

Untuk menentukan kapan hari pertaman Ramdhan, pemerintah melakukan sebuah perkumpulan yang dinamakan Sidang Isbath. Sidang ini dihadiri oleh Kementrian agama, tokoh agama dan beberapa pihak.

Sidang Isbat dalam menentukan Ramadhan 1442 H akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021. Hal ini sepeeti yng diungkapkan oleh Dirjen Islam Bimas Kamarudin.

Dalam sidangbisbat ini terdiri dari 3 sesi. Pertama, pemaparan posisi hilal Ramadhan 1442 H oleh Tim Unifikasi kalender Hijriah Kemenag yang akan dimula pukul 16.45 WIB. kedua sidang tertutup yang dilakukan setelag Maghrib. Ketiga konferensi pers hasil sidang agama yang yabg ditayangkan di beberapa stasiun televisi dan sosial media.

Oh ya, pemantuan hilal atau bulan di lakuka di 84 lokasi di Indonesia dari Sabang sampai Marouke. Nah, hasil ini lah yang didalat akan dilaporkan ke Kementrian Agama dan akan dikaji pada saat sidang isbat untuk menentukan kapan bulan Ramadhan 1442 H.

Ketentuan Tanggal 1 Ramadhan 1442 H

Ketentuan Ramadhab 1442 H, akan diumumkan pada konferensi perst yang akan dilakukan pada sesi terakir sidang isbat, tepatnya pada saat setekah sesi kedua atau rapat tertutup selesai pada tanggal 12 April mendatang.

Nah, yuk kita simak hasil sidang isbat nanti sepertia apa biar nanti kamu bisa lihat secara langsung kapan dimulainya Ramadhan 1442 menurut MUI.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa Saat Pandemi Ala Anak Kost

Penutup

Dengan penjelasan di atas tentang Penetapan Puasa Ramadhan 2021 diatas pastinya udah bikin kamu tahu lebih dalem gimana cara menentukan hari puasa, mengapa berbeda dengan Muhammadiyah dan kapan dimulainya puasa. Oh ya sebelum puasa, jangan lupa untuk menyiapkan segela kepeeluannya biar nyama memasuki bulan yang suci ini.

Nah, buat kamu, para anak kost yang mau cari tempat kost dengan suasana baru yang lebih nyaman atau para pelancong yang lagi cari penginapan murah meriah dan fasilitas lengkap, cek aja D’paragon Kost. Tinggal cek website D’paragon untuk informasi seputar fasilitas tiap-tiap hunian.

Kepoin juga instagramnya untu info lebih lanjut tentang  tempat kost ini. Eh eh ada promo loh buat jamu yang reservasu via aplikasi loh. Yuk nginep di D’paragon !

Leave a Reply