Para orang tua harus tahu cara mengajari baca tanpa mengeja kepada anak. Sebab, membaca merupakan kegiatan yang sangat penting. Sayangnya, sebagian besar anak kecil masih menggunakan metode mengeja.

Padahal, teknik mengeja sangat tidak efektif. Tidak sedikit anak yang akhirnya membawa kebiasaan mengeja hingga besar. Tentunya itu akan sangat menyulitkan sang anak. Itulah sebabnya, mengajarkan membaca tanpa harus mengeja harus para orang tua kuasai.

3 Cara Mengajari Baca Tanpa Mengeja Paling Ampuh untuk Anak
pixabay.com

Cara Mengajari Baca Tanpa Mengeja untuk Anak

The Hechinger Report mengatakan bahwa anak dengan pengetahuan kurang mengenai huruf dan pembunyiannya akan kesulitan untuk membaca. Namun begitu, tentu saja mempelajari pembunyian huruf tidak hanya melalui mengeja. Berikut ini beberapa cara yang dapat orang tua kuasai untuk mengajari anak membaca tanpa metode mengeja.

Kenalkan Bunyi Huruf dalam Berbagai Kata

Sebagai orang tua, Anda dapat mengajari anak membaca dengan tahap paling mudah, yakni memperkenalkan bunyi dalam kata. Misalnya, bunyi huruf “A” yang ada di kata “apa”, “siapa” dan “Suka”.

Belajar Melalui Lagu

Anak akan sulit fokus jika belajar dengan metode biasa. Itulah kenapa orang tua harus bisa mencari inovasi cara belajar baru. Anda Bisa memanfaatkan lagu anak untuk mengajari anak membaca tanpa harus mengeja. Cara ini juga akan lebih efektif karena anak lebih mudah mengingatnya.

Menggunakan Visual yang Menarik

Gambar atau visual yang menarik akan menarik rasa penasaran anak. Orang tua dapat memanfaatkan instrumen tersebut untuk mengajarkan anak membaca tanpa perlu mengeja.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan bantuan buku bacaan dengan gambar lucu atau video dari Youtube. Setelah itu, orang tua bisa mengajak anak mengulang bunyi dan menuliskan kembali huruf yang ada.

Kunci dari cara mengajari baca tanpa mengeja adalah sabar dan berlatih dengan giat. D’paragon adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai kost eksklusif terbaik di Indonesia. Segera unduh aplikasinya di AppStore maupun PlayStore.