Indonesia dikenal dengan beragam budaya, maka dari itu tidak heran jika kuliner dan makanan khas setiap budaya berbeda-beda. Salah satunya dodol, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Jenis dodol Nusantara banyak sekali ragamnya. Pada artikel kali ini kami akan memberi tahu jenis dodol dan ciri khas setiap daerah.

Beragam Jenis Dodol Nusantara yang Enak, Dijamin Ketahihan
pinterest.com

Jenis Dodol Nusantara dengan Ciri Khasnya

Awal mulanya dodol termasuk bahan olahan pertanian yang menggunakan buah-buahan sebagai bahan dasar. Pengolahan dodol terbilang cukup mudah walaupun diolah dengan cara yang berbeda. Produsen lantas memutar otak lantaran daya minat konsumsi masyarakat akan dodol yang mulai menurun. Mereka berinovasi dengan bahan serta alternatif rasa yang mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini jenis dodol di Indonesia.

Dodol Betawi

Dodol legit ini sebenarnya tidak kalah pamor dengan dodol Garut. Sayangnya tidak mudah untuk menemukan dodol Betawi di ibukota-ibukota. Masyarakat Betawi sangat antusias saat menanggapi masalah makanan manis ini. Dodol Betawi menggunakan bahan dasar santan kelapa, gula pasir, garam, gula mera, dan tepung beras.

Dodol Bali

Dodol Bali berbentuk memanjang yang dibungkus dengan daun jagung kering. Bukan hanya laris untuk oleh-oleh saja, dodol ini sering digunakan untuk upacara keagamaan. Bali mempunyai ikon dodol Buleleng yang cukup kondang di kalangan pelancong. Karakteristik paling menonjol dari dodol ini adalah bungkusnya yang menggunakan daun jagung serta terletak bahan baku pembuatan.

Dodol Bali mempunyai cita rasa yang wangi, manis, dan legit. Bahan baku menggunakan santan, gula merah, dan ketan hitam. Proses pembuatannya tergolong tradisional karena dikerjakan pada industri rumahan.

Dodol Kandangan

Dodol Kandangan merupakan kuliner yang berasal dari Kandangan, Kalimantan Selatan. Mempunyai mempunyai tekstur yang lebih lembut dan rasa lebih legit yang menjadikan dodol Kandangan berbeda dengan jenis dodol lainnya.

Dodol ini banyak dijual pada pusat oleh-oleh di kota Banjarmasin. Hal ini memudahkan Anda yang ingin mencicipi dodol tersebut.

Dodol Salak

Dodol salak merupakan makanan kreasi baru dari para petani salak di Sleman. Makanan ini dibuat saat stok salak sangat melimpah dan harganya anjlok. Para petani salak memutar otak untuk membuat olahan dari salak tersebut.

Pembuatan dodol salak tidak terlalu rumit. Bahan yang digunakan daging buah yang sudah diiris tipis lalu direbus dengan gula pasir, santan, dan gula jawa selama 10 jam. Selanjutnya adonan digiling untuk menghaluskan buah salak, Adonan diberi taburan wijen untuk menambah citarasa.

Setiap daerah memiliki makanan khasnya tersendiri, termasuk dodol. Jenis dodol Nusantara sangat beragam dan memiliki cita rasanya yang menggugah selera.

Menikmati berbagai jenis dodol bisa Anda lakukan dimana saja, termasuk di kost kesayangan Anda. Bagi Anda yang tengah bingung mencari kost eksklusif, Anda bisa menemukannya melalui aplikasi dparagon atau kunjungi laman webnya.