Latihan public speaking sejak dini bukan hanya soal keberanian tampil depan umum, namun bagaimana cara penyampaian ide yang baik dan efektif. Saat ini kemampuan public speaking menjadi salah satu skill yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Latihan Public Speaking
pixabay.com

Cara Mudah Latihan Public Speaking Bagi Pemula

Menyampaikan ide di depan khalayak bukanlah perkara yang mudah. Setidaknya, audience bisa menangkap dan memahami ide tersebut.

Meski skill tersebut dibutuhkan dalam dunia pendidikan, kerja, maupun kehidupan bermasyarakat, sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum. Belum terlambat, kok. Anda bisa menerapkan tips mudahnya berikut ini.

Berlatih di Depan Cermin

Cara ini akan membantu mengetahui kualitas penampilan saat public speaking. Mulailah berlatih gerak gerik tubuh dan ekspresi wajah, Perhatikan dengan seksama. Dari sini, Anda akan tahu kekurangan public speaking yang Anda miliki.

Rekaman

Latihan public speaking yang mudah juga bisa Anda lakukan lewat rekaman. Gunakan android untuk merekamnya.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah intonasi, eye contact, jeda, artikulasi, gestur tubuh, dan inti dari apa yang hendak disampaikan.

Perhatikan dan Jaga Eye Contact

Menjaga kontak mata dengan audience juga penting. Anda bisa meminta bantuan teman atau saudara saat berlatih public speaking. Minta pendapat mereka apa kekurangan dalam latihan tersebut. Perhatikan saran mereka dengan sebaik-baiknya.

Bila belum bisa sempurna menguasai eye contact dengan audience, alihkan pandangan ke dahi atau hidung saja. Namun, tetap harus berlatih supaya eye contact bisa maksimal.

Belajar Menguasai Diri

Selain eye contact, hal penting lain yang tidak boleh terlewatkan adalah memahami dan menguasai topik pembicaraan yang hendak disampaikan. Usahakan menarik dan tidak menyimpang dari inti. Bila memungkinkan kembangkan pembicaraan.

Tanpa evaluasi dan praktek, maka latihan public speaking yang Anda lakukan tiada guna. Namun, bila Anda membutuhkan penginapan ternyaman lakukan reservasi melalui web dparagon.com. Unduh aplikasinya di APP Store dan Play Store.