Banyumas merupakan daerah di Jawa Tengah yang sangat terkenal dengan logat ngapaknya. Banyumas juga mempunyai tempat wisata menarik yang banyak sekali menyimpan berbagai sajian kuliner yang sangat menggugah selera untuk kamu coba. Makanan khas Banyumas wajib untuk kamu rasakan, karena mempunyai sajian yang begitu nikmat dan sulit untuk dilupakan.

Makanan Khas Banyumas
pinterest.com

Simak Makanan Khas Banyumas yang Nikmat

Mempunyai berbagai sajian makanan yang khas, Banyumas memang cocok untuk kamu kunjungi. Makanannya yang lezat dan menggugah selera wajib sekali untuk kamu nikmati bersama keluarga maupun teman. Hadir dengan berbagai pilihan makanan, kamu bisa mencoba semuanya untuk dapat merasakan enaknya makan makanan khas dari Banyumas. Berikut beberapa makanan khas Banyumas yang wajib kamu cicipi.

Soto Sokaraja

Setiap daerah pasti mempunyai olahan soto sendiri-sendiri, tidak terkecuali Soto Sokaraja yang berasal dari Banyumas. Mempunyai perpaduan rasa yang gurih dan nikmat pada soto terbuat hanya bisa kamu rasakan pada daerahnya langsung. Soto Sokaraja memakai daging sapi serta tambahan daging ayam sebagai isiannya.

Perlu untuk kamu ketahui, terdapat perbedaan antara soto dari Banyumas dengan soto dari daerah lain. Perbedaanya terletak pada penggunaan ketupat serta sambal kacangnya. Selain itu, untuk kerupuknya menggunakan kerupuk cathir yang terbuat dari ketela pohon. Kamu bisa menyantap soto dengan mendoan ataupun keripik yang akan menambah rasa nikmat.

Nopia

Makanan khas dari Banyuwangi selanjutnya adalah  nopia. Nopia mempunyai bentuk serta rasa yang unik. Selain itu, proses pembuatannya juga unik karena dengan cara ditempel atau menggunakan tungku yang khusus dengan suhu yang lumayan panas.

Makanan ini seringkali ada bagian yang gosong, tetapi tetap enak untuk dimakan. Bahan utama untuk membuat nopia adalah tepung terigu yang bisa diisi dengan kacang, coklat, maupun gula merah. Jika ingin mencoba bisa memilih sesuai selera, tapi lebih enak kalau dicoba semua.

Klanting

Kalau kamu berkunjung ke Banyumas pasti akan menjumpai makanan yang bernama klanting. Bentuknya mirip seperti anting yang terbuat dari bahan dasar singkong diparut. Selanjutnya diperas untuk menghilangkan kandungan airnya. Jangan lupa tambahkan bumbu dan setelah itu bisa digoreng. Jangan tanyakan lagi soal rasa, sudah pasti enak dan gurih. Makanan ini sangat cocok kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Makanan khas Banyumas bisa kamu lihat di atas. Ada banyak sekali makan yang bisa kamu temui jika sedang berkunjung ke Banyumas. Rasanya yang memang sudah khas dan nikmat memang pantas untuk kamu coba.

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba kost eksklusif terbesar di Indonesia. Untuk info lengkapnya, yuk, kunjungi laman dparagon.com atau unduh aplikasi dparagon di smartphone kamu, ya.