Bau mulut, sariawan, gusi bengkak, atau gigi berlubang merupakan beberapa contoh dari kesehatan mulut dan juga gigi yang buruk. Kesehatan mulut dan gigi yang buruk bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit yang membahayakan, lho. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik, agar terhindar dari penyakit?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
pixabay.com

Kebiasaan Keseharian untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bakteri yang terdapat pada mulut bisa membahayakan terkenal dengan istilah mikrobiome oral. Ya, bakteri itu hidup di area pipi bagian dalam, langit-langit, lidah, amandel, serta gusi. Apabila lingkungan mulut Anda terlalu lembab, asam, serta kotor, maka bakteri penyebab penyakit tersebut bisa berkembang secara pesat.

Tidak hanya bau mulut, namun bakteri bisa masuk ke dalam aliran darah. Dengan demikian bakteri bisa berpindah usus, jantung, dan otak. ‘Porphyromonas gingivalis’ (Pg) merupakan salah satu bakteri berbahaya yang dapat mengakibatkan peradangan di tubuh. Bakteri tersebut juga merupakan penyebab masalah pada gusi.

Fakultas Kedokteran “University of Louisville” melakukan sebuah studi yang hasilnya menunjukkan bahwa jumlah Pg pada otak penderita Alzheimer lebih tinggi daripada otak orang sehat. Hal tersebut memperlihatkan bahwa mikrobiome oral bisa berpindah ke otak serta mengakibatkan infeksi.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu memelihara kesehatan gigi dan juga mulut lewat kebiasaan sehari-hari. Berikut ini beberapa caranya.

Langkah-langkah Memelihara Kesehatan Mulut & Gigi

  1. Hindari menyikat gigi terlalu keras supaya tidak merobek gusi serta mengikis enamel gigi Anda yang relatif tipis.
  2. Sikatlah gigi Anda secara rutin.
  3. Pakailah pasta gigi yang mengandung fluorida.
  4. Jika Anda tak sempat menggosok gigi sehabis makan, Anda dapat mencegah sakit gigi dengan memakai benang gigi.
  5. Pakailah obat kumur atau berkumurlah menggunakan larutan garam.
  6. Kunyah permen karet guna meningkatkan air liur di dalam rongga mulut.
  7. Jangan merokok agar tidak mengakibatkan bibir menghitam dan gigi menguning.
  8. Lebih banyak minum air putih.
  9. Membatasi konsumsi makanan yang asam dan manis.
  10. Konsumsi makanan yang bergizi.
  11. Rutin untuk periksa gigi ke dokter.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan Anda memelihara kesehatan bagian tubuh yang lainnya. Apabila Anda mengalami keluhan, seperti gigi lepas atau gusi turun dengan sendirinya, gusi berdarah, sakit ketika mengunyah, dan bau mulut yang tak lekas membaik, lekas konsultasikan ke dokter supaya mendapat pemeriksaan serta penanganan yang tepat.

Nah, sebagai tambahan informasi bagi Anda yang tengah berada di luar kota dan butuh penginapan yang murah, nyaman, dengan pelayanan terbaik, silahkan langsung menghubungi dparagon. Selain reservasi melalui website dparagon.com, Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di Play Store dan App Store.