Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang sistematis dan terencana untuk memberdayakan, mendidik, dan mengembangkan peserta didik agar maksimal dalam membangun karakter diri. Harapannya peserta didik akan tumbuh menjadi individu yang akan memberikan manfaat untuk dirinya, keluarga, dan negara. Selain itu pendidikan ini sebagai upaya menjaga pribadi bangsa tetap dalam karakter berbangsa Indonesia.

Esensi Penerapan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik
maxmanroe.com

Pengertian dan Tujuan Pendidikan Karakter

Menurut Peraturan Presiden tentang penguatan karakter, masyarakat diharuskan memperdalam nilai-nilai utama yakni mandiri, religius, nasionalis, dan gotong royong. Nilai ini diharapkan bisa diterapkan di semua lini khususnya pada sistem pendidikan. Sehingga mampu menguatkan individu agar tidak terdistorsi oleh kebudayaan asing.

Pengertian

Ki Hajar Dewantara telah merumuskan bagaimana sebaiknya pendidikan harus berjalan. Menurutnya, mengasah kecerdasan budi adalah perkara dasar agar sehingga terbangun budi pekerti yang baik dan kokoh. Dengan begitu diharapkan dapat membangun pribadi bangsa yang berpendidikan dan mampu mewujudkan kepribadian dan karakter bangsa.

Keterangan lebih lanjut mengenai pendidikan karakter yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara yakni pendidikan merupakan upaya kebudayaan untuk memberi bimbingan dalam hidup. Pertumbuhan jiwa dan raga anak diharapkan agar membawa lahiriyah individu yang mempengaruhi lingkungan serta moral pribadi mereka menuju adat kemanusiaan

Penjelasan beliau mengatakan hakikat pendidikan adalah sebagai tuntunan dalam hidup dan tumbuh kembang anak. Hal itu berarti pertumbuhan anak terletak ada kecakapan dari pendidik. Masing-masing anak memiliki pengalaman dan kekuatan dalam diri mereka yang mesti dibimbing dan diarahkan oleh pendidik.

Tujuan

Sistem pembelajaran ini diharapkan bisa ditekankan dalam lembaga pendidikan guna mempersiapkan peserta didik yang berilmu dan unggul dalam kepribadian. Lembaga pendidikan tengah berusaha untuk melahirkan peserta didik yang kuat dalam moral, spiritual, dan juga keilmuan mereka. Selain itu sistem ini juga diharapkan mampu mengembangkan potensi nurani anak sebagai manusia dengan menanamkan rasa tanggungjawab sebagai tonggak penerus bangsa.

Pembelajaran dan pendidikan karakter yang akan menumbuhkan tabiat anak dimulai dengan pembiasaan untuk saling tolong menolong serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Temukan artikel lainnya di dparagon.com sekaligus sebagai wadah kost eksklusif nomor satu di Indonesia. Download dan instal aplikasi d’paragon melalui Playstore atau Appstore untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.