Mengetahui cara mengatasi siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika memanglah suatu hal yang sangat perlu untuk Anda pelajari. Dalam dunia pendidikan pastinya ada beberapa pelajaran yang membosankan untuk diikuti, salah satunya seperti pelajaran matematika. Pelajaran matematika mungkin memiliki rating terbanyak tentang siswa yang tidak menyukainya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa masih banyak cara untuk membimbing siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika menjadi suka. Hanya saja Anda sebagai guru harus pandai dalam mensiasati metode pembelajarannya. Lalu bagaimana cara agar siswa menjadi suka dengan pelajaran matematika? Nah, di artikel ini kita akan memberikan tips ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Simak di bawah ini.

Beginilah Cara Mengatasi Siswa yang Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
blog.schoolspecialty.com

Berikut Cara Mengatasi Siswa yang Tidak Menyukai Pelajaran Matematika

Untuk Anda yang memiliki profesi sebagai guru matematika pasti sudah sering sekali menemukan siswa yang malas atau yang benci dengan pelajarannya. Bahkan ada siswa yang membolos untuk menghindari pelajaran tersebut. Mungkin saja hal itu disebabkan karena metode pengajaran kurang menarik atau bahkan cara menjelaskannya ribet. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Ketahui Alasan Siswa

Kebanyakan siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika pasti memiliki alasan tersendiri. Seperti menganggap pelajaran terlalu sulit, rumit, dan sebagainya. Jika sudah mengetahui alasannya lakukan evaluasi metode pembelajaran dengan lebih menarik.

Gunakan Media Belajar yang Menarik

Kebanyakan anak susah menghitung adalah karena cara perhitungan mereka abstrak atau terlalu rumit. Agar seorang siswa atau anak dapat menghitung dengan mudah sebaiknya gunakan metode menggunakan alat bantu yang menarik.

Ajarkan Rumus yang Mudah

Kebanyakan guru biasanya memberikan penyelesaian soal dengan rumus yang sedikit rumit. Hal ini justru akan membuat murid semakin malas untuk mengerjakannya. Ajarkan siswa dengan cara penyelesaian yang mudah. Selain itu gunakan juga cara yang mudah dipahami agar mereka tidak bingung untuk menyelesaikannya.

Mengajar Matematika dengan Cara Berbeda

Untuk membuat siswa menjadi mudah memahami soal, sebaiknya gunakan metode pengajaran yang berbeda. Biasanya penyebab siswa malas dengan pelajaran matematika adalah karena suasana ruang pembelajaran sangat tegang. Sehingga hal itu membuat siswa menjadi bosan dan kapok dengan pelajaran tersebut.

Nah, cara mengatasi siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Selipkan humor agar siswa tidak tegang. Jadi sebaiknya jika Anda ingin menjadi guru matematika, Anda harus memiliki kepribadian humoris terlebih dahulu supaya siswa mudah akrab dengan Anda sekaligus mapel yang Anda bawa.

Kami juga akan merekomendasikan untuk Anda yang tengah berburu kost eksklusif. Silahkan pergi ke Playstore maupun Appstore kemudian unduh aplikasi dparagon.com. Selain itu, Anda juga bisa mengunjunginya melalui website dparagon.com.