Tanpa banyak orang sadari, mengalami penyakit maag memiliki gejala yang penting diketahui. Gejala penyakit tersebut adalah kembung, mual, juga nyeri panas pada dada (heartburn). Namun sebagian besar orang menyepelekan gejala tersebut, pada awal akut bisa berubah jadi kronis yang menimbulkan bahaya. Penyakit maag jika tidak berobat dengan tepat maka akan menimbulkan akibat yang fatal. Mari cari tahu bahayanya! Berikut ini risiko penyakit maag yang penting Anda tahu.

risiko penyakit maag
pixabay.com

Risiko Penyakit Maag yang Biasa Terjadi

Munculnya sakit maag penyebabnya karena berbagai hal. Seperti pola makan tidak teratur, sering minum alkohol, suka merokok juga punya penyakit lain seperti gastritis (radang lambung), GERD atau tukak lambung. Maka, hindari pemicu gejala sakit maag.

Jika penyebab maag terjadi karena masalah medis yang lain, maka cara merawatnya harus mengombinasikan dengan obat. Penyakit lain bisa terjadi karena maag akut mengalami peradangan juga luka. Inilah beberapa masalah akibat penyakit maag yang tidak diobati.

Struktur Esofagus

Gejala maag heartburn terjadi akibat asam lambung yang berlebihan naik ke kerongkongan kemudian lapisan mukosa mengalami iritasi. Mukosa adalah kata lain dari selaput lendir. Iritasi akan parah dan kerongkongan terluka akibat heartburn yang terjadi berulang. Lukanya menyempitkan ruang kerongkongan atau kita kenal dengan istilah struktur esofagus.

Esafagitis

Bahaya yang dapat terjadi dari sakit maag kronis seperti esofagitis. Itu adalah tanda terjadi peradangan yang bisa merusak jaringan kerongkongan. Penyakit maag tidak diobati dengan teratur maka fungsi kerongkongan akan terganggu. Karena, kerongkongan juga penting untuk memindahkan makanan dari mulut, kemudian masuk ke perut. Gejala esofagitis yakni menimbulkan nyeri dada, kesulitan menelan,.

Stenosis Pilorus

Katup berotot terletak antara lambung dengan usus kecil disebut stenosis pilorik. Katup tersebut berfungsi mempertahankan makanan dalam lambung, kemudian mencerna mengalirkan ke usus. Maka jangan menyepelekan risiko penyakit maag dengan menghindari makanan yang memicu penyakit maag.

Semoga informasi risiko penyakit maag di atas bermanfaat. Untuk mengetahui informasi kesehatan dan reservasi kunjungi Dparagon atau mengunduh aplikasinya di Playstore dan Appstore.