Cara menjaga kesehatan lambung sangat penting untuk dilakukan. Hal itu karena lambung merupakan organ penting di dalam anggota tubuh.

cara menjaga kesehatan lambung
pixabay.com

Cara Menjaga Kesehatan Lambung dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjaga lambung sendiri bertujuan agar terhindar dari masalah ataupun penyakit lambung. Menjaga kesehatan lambung dapat dimulai dari hal kecil seperti menjaga pola makan. Pola makan terkadang tidak teratur karena banyaknya dan sibuknya manusia dalam aktivitas. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut cara menjaga lambung.

Makan Makanan Alami

Cara menjaga kesehatan lambung yang pertama yaitu makan makanan yang alami. Perlu untuk diketahui banyak dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari merupakan hasil pemrosesan.

Oleh karena itu mengkonsumsi makanan alami yang kaya zat gizi dapat melindungi lambung dari berbagai penyakit pencernaan. Perlunya memperbanyak makanan alami membuat tubuh semakin sehat dan terhindar dari penyakit.

Memperhatikan Waktu Makan

Cara kedua dalam menjaga lambung dengan memperhatikan pola waktu makan. Banyaknya aktivitas yang dilakukan membuat seseorang lupa untuk makan tepat waktu. Perlu diketahui salah satu pemicu tingginya asam pada lambung dari pola makan yang tidak teratur.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur waktu makan. Seperti waktu makan pada pagi hari, siang, dan makan malam. Selain itu jika Anda ingin makan pada malam hari, sebaiknya makan lah sebelum tidur 3  jam sebelum tidur untuk mencegah penyakit asam lambung.

Mengelola Stress dengan Baik

Perlunya mengelola stress dengan baik karena stress juga dapat memicu penyakit pada lambung. Penyakit lambung yang disebabkan karena stress yaitu memicunya penyakit Gerd. Hal ini karena stres bisa menurunkan produksi hormon prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin sebagai pelapis dinding lambung. Selain itu prostaglandin berfungsi sebagai pelindung dari asam lambung yang bersifat mengikis dinding.

Makanlah dengan Porsi Kecil

Selanjutnya cara menjaga lambung dengan makan porsi yang kecil. Perlu diketahui saat makanan masuk dalam porsi besar dapat membuat otot lambung meregang. Oleh karena itu dapat memberikan tekanan berlebih pada lambung, sehingga muncullah keluhan seperti perut begah, sakit perut, atau heartburn.

Perlunya dalam menyesuaikan porsi makan ternyata bisa menjadi cara menjaga lambung. Caranya cobalah mengganti porsi makan yang tadinya tiga kali menjadi lima kali dalam sehari. Hal tersebut tentunya dengan porsi yang lebih kecil. Hal ini dapat membuat kinerja pada lambung menjadi lebih ringan

Itulah sebagian kecil aktifitas yang dapat dilakukan dalam keseharian sebagai cara menjaga kesehatan lambung.Sebenarnya cukup mudah bukan untuk menjaga lambung. Menjaga kesehatan lambung sangat penting jadi terapkan cara tersebut agar kamu terhindar dari sakit lambung.

Kemudahan juga bisa kamu dapatkan ketika mencari area penginapan serta kost eksklusif yang berkelas namun harga tetap ramah. Silahkan kunjungi dparagon.com atau install aplikasinya melalui Playstore dan Appstore di smartphone kamu.