Berbicara tentang Pacitan, tidak afdol jika tidak mengulik kulinerannya. Ya, salah satu makan khas ala Pacitan yang populer adalah Sego Godong Jati. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan kuliner khas satu ini. Memang kuliner ini sepintas mirip sama Nasi Jamblang Cirebon.

Namun ternyata bukan lho, sego dengan daun jati ini mempunyai rasa enak dan tentunya akan membuat para pencicip kenyang. Makanan satu ini memang hanya akan temukan ketika ada acara hajatan terutama dalam pernikahan.

Nasi daun jati ini memang berisi sayuran yang hangat, kemudian ada rempeyek. Kuliner ini yang menjadi ciri khasnya terletak pada aroma daun jati, sehingga sangat menggoda selera. Apalagi adanya tambahan dengan lalapan kecambah kacang tolo, yang wanginya harum dan enak.

Sego Godong Jati
pixabay.com

 

Asal-usul Sego Godong Jati, Kuliner Khas dari Pacitan!

Asal usul nama Sego Godong Jati sendiri, sebab pada masa lalu, nasi dikukus dengan daun jati biasanya didapat dari hajatan. Untuk daerah Pacitan, sego berdaun jati ini hanya akan ketemu setiap ada hajatan, terutama pernikahan. Nasi terbungkus dengan daun jati akan orang-orang, jika mereka datang ke hajatan.

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, daun jati dan sego berkat tergantikan dengan kotak nasi dari kertas. Aroma daun jati ini akan membuat nasi yang ada di dalamnya mempunyai rasa khas berbeda.

Selain itu, adanya daun jati ini juga akan memberikan rasa segar dan penuh kelezatan jika makan bersama-sama. Maka tidak heran jika nasi daun jati dari Pacitan menjadi makan dan kuliner khas paling banyak tercari oleh warga.

Jangan lupa mengunduh Aplikasi dparagon.com, bisa didapatkan melalui Playstore dan Appstore tanpa biaya apapun alias gratis! Langsung yuk unduh aplikasinya agar tidak ketinggalan informasi update terbaru.