Diambil Dari Ryotaru Tsukata Via Pexels

Syarat Naik Kereta Api Saat New Normal 2021 – Mau bepergian dengan kereta api saat new normal? Eits tunggu dulu. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi ya biar perjalanan lancar sampai tujuan.

PT. Kereta Api Indonesia atau KAI sudah mulai memberlalukan beberapa peraturan baru yaitu tentang syarat naik kereta api tahun 2021 untuk perjalanan jauh. Tujuannya tentu untuk membantu mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

Peraturan baru ini udah diresmikan loh. Pemerintah udah mengeluarkan Surat Edaran Kemenhub No 4 Th 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkerataan dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dari peraturan itu, tertulis dalam peraturan KAI bahwa ada syarat naik kereta api pada tahun 2021.

Apa Aja Syarat Naik Kereta Api Saat New Normal?

Simak baik-baik peraturan baru buat kamu yang mau bepergian naik kereta api dibawah ini ya. Jangan sampai ada yang lupa biar perjalananmu aman dan lancar.

Surat Hasil Tes Pemerikasaan Covid-19

Para penumpang diwajibkan membawa surat keterangan hasil pemeriksaan Covid-19. Kamu bisa menjukkan daru hasil Tes GeNose, Rapid Test Antigen atau Rapid Test PCR.

Surat tersebut, nanti, ditunjukkan ke petugas pemeriksaan tiket sebelum masauk peron.

Batas maksimal berlakunya hasil tes yaitu 3×24 jam. Kalau lebih dari itu, KAI gak bisa menerima hasi tes kamu. Jadi, sebaiknya kamu melakukan tes mendekati jadwal berangkat ya.

Namun, hal ini berbeda saat hari libur pendek dan panjang. Masa berlaku hasil tes yaitu 1×24 jam. Yups, waktunya lebih dipersingkat lagi.

Oh ya, pengecekan hasil tes Covid-19 gak berlalu untuk anak kecilya. Ini berlaku untuk anak berumur diatas 5 tahun sampai dengan orang dewasa.

Baca juga: Cara Kerja GeNose, Alat Pendeteksi Covid-19, dan Biayanya

Suhu Badan Normal

Sebelum masuk ke peron, calon penumpang wajib melalui tes suhu badan yang dilakukan oleh petugas kerta api. Batas maksimal suhu normal yaitu 37,3 Derajat Celcious.

Nah, pastikan kalau tubuh kamu sehat dan suhu badan normal ya sebelum memulai perjalanan. Kalau tidak, maka petugas gak akan memberikan izin penumpang untuk melanjutkan perjalanan.

Untuk kamu yang gak diizinkan melanjutkan perjalanan, tenang ya! Penumpang yang gagal melanjutka perjalanan bisa mengajukan refund tiket di stasiun kok. Pembatalan ini juga gak dipungut biaya apapun.

Wajib Menggunakan Masker

Calon penumpang wajib banget menggunakan masker. KAI gak akan memperbolehkan calon penumpang melanjutkan perjalanan kalau gak memakai masker.

KAI juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker dengan benar dan sesuai prosedure yaitu menutupi bagian hidung dan mulut. Selain itu, calon penumpang wajib menggunakan masker 3 lapis atau masker medis.

Pengguanan masker memang terkadang ada yang membuat sebagian orang gak nyaman, tapi kamu bisa memilih masker yang cocok sesuai dengan kenyamananmu. Saat ini udah banyak persediaan masker dengan berbagai macam jenis. Jadi kami bisa pilih dan kamu bisa nyaman menggunakan masker sepanjang perjalanan

Menjaga Jarak

KAI mewajibkan kepada penumpang selalu berjaga jarak antar penumpang atau petugas. KAI meminta kepada tidak ada kerumunan saat penukaran tiket, menunggu kereta datang dan lainnya.

Mencuci Tangan

Pihak KAI juga menghimbau untuk tetap menjaga kebersihan salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan. Petugas telah telah menyediaka fasilitas mencuci tangan di beberapa titik stasiun

Tidak Berbicara Satu dan Dua Arah

Penumpang gak diperkenankan berbicara satu atau duah arah melalui telephon atau secara langsung selama perjalanan.

Jadi, sebisa mungkin mengurangi aktivitas mengobrol baik di stasiun dan di dalam gerbong ya. Kalau kamu sudab duduk di dalam kereta, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk beristirahat aja biar kamu punya daya yang kuat untuk berkegiatan di tempat tujuan.

Tidak Diperkenankan Makan & Minum Bagi Penumpang yang Perjalananya Kurang 2 Jam

Bagi penumpang yang waktu perjalananya kurang dari 2 jam gak diperkenankan untuk makan dan minum. Terkecuali, bagi penumpang yang harus minum obat karena penyakit yang dideritanya.

Baca Juga: Naik Bus saat New Normal, Ini Syaratnya!

Penutup

Demikian syarat naik kereta api pada saat New Normal. Sekarang kamu udah tahu kan apa aja peraturan yang udah ditetapkan oleh KAI. Saat ini waktunya mempersiapkan kebutuhan perjalanan yang dibutuhkan dan jangan lupa patuhi peraturan agar lancar sampai tujuan.

Oh ya, buat kamu yang mau pergi ke luar kota, jangan lupa pesan penginapannya di D’paragon ya. Hotel D’paragon udah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Ada banyak fasilitas yang kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Cek website D’paragon dan instagramnya untuk informasi lebih lanjut ya.

Sst, ada PROMO gede-gedean buat kamu yang reservasi melalui aplikasi D’paragon. Yuk nginep di D’paragon!