Jika Anda ingin membeli handphone baru namun terdapat kendala pada budget, maka Anda bisa membeli HP second. HP second biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada handphone baru. Namun, kualitas dalam penggunaan HP second tidak secepat dan seefektif handphone baru. Oleh karena itu sebelum membelinya, Anda harus mengetahui tips membeli HP second.

Hal ini bertujuan agar tidak salah dalam membeli. Selain itu, Anda juga akan mendapat spesifikasi yang bisa hampir mendekati dengan versi HP baru. Anda harus pandai-pandai memilih HP second supaya tidak ada penyesalan jika barang tidak sesuai.

Perhatikan Tips Membeli Hp Second, Agar Tidak Tertipu
pixabay.com

Simak Tips Membeli HP Second

Ada beberapa tips sebelum Anda membeli HP second. Tips ini bisa Anda lakukan pada pembelian semua jenis HP. Apa saja tips yang harus diperhatikan? Simak penjelasan berikut.

Periksa Kondisi HP Bekas

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memeriksa kondisi HP second tersebut. Anda dapat memulainya dengan memeriksa fisik dari hp tersebut apakah terjadi kerusakan parah atau tidak. Jika hanya sekedar lecet-lecet biasa, masih bisa Anda pertimbangkan. Namun, jika sudah terdapat kerusakan parah, seperti retak, hilang tombol atau tutup HP dan lain sebagainya.

Selanjutnya dengan memeriksa apakah HP tersebut sudah pernah terendam air atau belum. Caranya bagaimana? Jika baterai HP bisa dicopot, Anda dapat memeriksa pada bagian sebelah tembaga konektor baterai. Terdapat sebuah kertas putih kecil berbentuk persegi. Jika sudah terkena air, maka kertas tersebut akan berwarna merah atau pink.

Sedangkan, jika baterai HP Anda tidak bisa dicopot, maka dapat melakukan hal berikut. Anda dapat memastikannya melalui tempat menaruh SIM card. Caranya dengan memasukan SIM card pada tempatnya. Jika masih bisa melakukan panggilan, sms dan browsing, maka bisa HP tersebut masih berfungsi dengan baik. Anda juga perlu memeriksa hal lainnya, seperti soket-soketnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Lalu, perhatikan pada bagian dusbook HP tersebut apakah masih lengkap?

Survei Harga HP Second

Selanjutnya, Anda dapat menyurvei beberapa harga dari HP second yang sama. Sebelum membeli HP second, Anda dapat menemukan beberapa harga produk yang sama. Anda bisa mencari informasi terbaru tentang update harga yang Anda beli.

Cari Penjual yang Benar

Anda wajib mencari penjual HP second yang benar dan jujur. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari segala bentuk kecurangan, seperti penipuan, barang palsu atau yang diterima tidak sesuai.

Bertemu Langsung dengan Penjual atau COD

Sekarang memang semua bisa dilakukan secara online, begitu juga dengan jual beli. Namun, saat membeli HP atau barang second, sebaiknya Anda bertemu langsung dengan penjual. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecurangan saat melakukan transaksi. Anda juga bisa memeriksa HP second tersebut sebelum membayarnya kepada penjual, memastikan apakah ada kerusakan parah pada hp tersebut atau tidak.

Pastikan Bukan Hp Curian

Biasanya, HP curian mempunyai harga yang sangat murah. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan HP tersebut barang curian atau tidak. Caranya dengan menanyakan mengapa harganya bisa sangat murah. Anda juga bisa meminta nomor IMEI pada HP tersebut.

Membeli HP second memang mudah. Namun sebaiknya memperhatikan tips membeli HP second tersebut. Dengan demikian Anda tidak akan tertipu. Kunjungi web dparagon.com dan Unduh aplikasi Dparagon melalui Appstore maupun Playstore untuk memperoleh informasi harga kamar untuk menginap harian dan bulanan.