Tips Membersihkan Kamar
Foto Diambil Dari Mary Whitney Via Pexel

Tips Membersihkan Kamar Anak Kost – Kamar kost atau kamar tidur rapi itu penting banget loh. Dengan kamar tidur yang rapi mood kamu bisa lebih bagus, nyaman dan terhindar dari serangan penyakit. Hayo siapa yang kamarnya masih sering berantakan?

Ada aja alasan kamar kotor. Saat bangun tidur, kamu udah buru-buru mau berangkat ke kampus atau kantor. Saat pulang ke tempat kost, badan rasanya udah lelah dan mau langsung tidur.

Nah, kebiasaan itu tuh yang harus diubah. Yuk mulai dari sekarang lebih rajin membersihkan kamar tidur biar tempat tinggal kamu lebih nyaman dan sehat.

Bingung mulai dari mana? Tenang! Dparagon bakal kasih tau kamu tata cara membersihkan kamar tidur sampa kecoa yang lewat kamarmu minder.

Apa Sih Tips Membersihkan Kamar Kost?

Simak baik-baik tips membersihkan kamar kost dibawah ini ya. Dijamin deh kamar kamu nyaman dan betah beraktifitas di kamar.

1.  Taruh Pakaian Pada Tempatnya

Pakaian adalah benda yang sering berceceran di setiap sudut kamar. Nah, langkah pertama adalah kumpulkan semua bajumu. Pilih baju mana yang bersih dan kotor. Lipat baju bersih ke lemari dan taruh baju kotor di ember cucian kotor atau masukkan ke sebuah tempat untuk dibawa langsung ke tukang laundry.

Setelah baju, rapikan juga sepatu yang berserakan di pintu kamar. Pilih sepatu yang masih bersih dan letakkan di rak sepatu. Lalu cuci sepatu yang sudah kotor dan bau.

2.  Bereskan Piring dan gelas yang kotor

siapa yang sering makan dan minum di kamar atau di atas kasur? Buat kamu yang suka makan di kasir atau di kamar dan lupa taruh piring kotor ketempatnya, coba cek disekeliling mu. Siapa taji ada alat bekas makan yang tertinggal. Nah, kamu perlu tahu kalau makanan sisa yang jatuh di kasur tanpa sepengetahuan bisa membusuk dan jadi sarang kuman.

Sekarang waktunya kamu ambil semua piring dan gelas yang kotor. Lalu cuci sampai bersih dan keringkan. Kemudian taruh di rak piring bersih ya.

3.  Membersihkan Barang-Barang dari Debu

Bagian yang seringkali jadi dihinggapi debu adalah buku, alat elektronik, meja, lemari, rak dan kasur. Sekarang bersihkan debu dengan kemoceng atau lap untuk membersihkan barang-baranf tersebut. Kamu harus membersihkan debu sampai ke sela-sela agar debu bisa hilang secara keseluruhan dan gak berpotensi terhirup hidup.

4.  Pilih Barang yang Tidak Berguna

Pilih barang-barang yang menurutmu sudah gak terpakai. Kemudian buang ke tempat sampah. Barang gak berguna yang menumpuk di kamar hanya akan membuat kamar menjadi berantakan dan bikin ruang kamar terasa lebih sempit.

5.  Rapikan Tempat Tidur

Rapikan Temat tidur dari baranf barang yang gak seharusnya diletakkan di sini. Lalu taruh barang tersebut tempat yang semsetinta.

Kemudian ganti sprei yang kamu pakai sekarang dengan sprei yang bersih. Gak bisa dipungkiri kalau sprei adalah tempat bersarangnya debu. Kala sudah lama gak diganti, gak bisa dibayangkan seberapa banyak debu yang menempel. Apalagi dengan kebiasaan seseorang yang suka makan di kasur. Kadang seseorang gak sadar kalau makanan itu jatuh ke kasur dan bisa jadi noda dan tempat bersarangnya bakteri.

Ganti sprei kasur mu maksimal 2 minggu sekali. Sprei kasur yang terlalu kotor gak bagus untuk kesehatan karena debu yang menempel terlalu banyak dan bisa menyebabkan bersarangnya bakteri dan gangguan pernapasan. Kalau sprei bersih dan wangi, maka kamu bisa tidur nyenyak dan bikin mood bagus keesokan harinya.

6.  Buang sampah

Jangan biarkan sampah menumpuk di kamar. Segera buang sampah ke tempatnya agar kamarmu gak bau dan terhindar dari sarang bakteri.

Setelah buang sampah, jangan lupa mencuci tempat sampah yang sudah kotor. Cara ini dilakukan agar kamar bisa bersih maksimal.

7.  Sapu dan Pel Lantai Sampai Bersih

Setelah semua barang, lemari, meja, kasur sudah bersih, sekarang waktunya membersihkan bagian paling bawah kamar yaitu lantai. Langkah awal yang kamu perlu lakukan adalah menyapu lantai sampai ke setiap sudut lantai. Gunanya adalah agar semua demi yang ada di lantai bisa hilang.

Langkah berikutnya adalah pel seluruh bagian lantai agar lebih maksimal menghilangkan debu yang menempel. Mengepel lantai juga bisa bikin kaki kamu nyaman melangkah kemana-kemana. Lantai yang bersih bisa bikin ruangan lebih sejuk juga loh.

Oh ya jangan lupa menggunakan cairan pembersih lantai dengan aroma yang kamu suka. Ini berfungsi agar kamaru jadi wangi.

8.  Pasang Pengharum Ruangan

Biar kamar tidur kost lebih nyaman, kamu bisa tambahkan pewangi ruangan sesuai dengan aroma yang kamu suka. Ada pengharum ruangan semprot dan pengharum ruangan gantung. Kalau kamu punya budget lebih, lebih baik menggunakan pewangi semprot. Tapi kalau kamu mau yang lebih murah bisa pilih pengharum tempel. Kamu bisa menempelkannya di kipas angin atau ac di kamar tidurmu.

Baca juga: Cara Membersihkan Kamar Mandi Kost Sampai Kinclong

Penutup

Tips membersihkan kamar kost sudah kamu ketahui. Tunggu apalagi untu memberishkannya? Yuk bersihkan dari sekarang dan jangan tunda-tunda biar kamu bida nyaman berada di xalam kamar dan terhindar dari penyakit.

Nah, buat kamu yang lagi cari kamar kost yang nyaman, D’paragon bisa cari hunian sementara yang bisa kamu pilih. Kamu tinggal kunjungi website D’paragon dan instagramnya aja. Setelah itu tinggal kamu pilih deh tempat kost dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Gak perlu pikir dua kali. Yuk kepoin!