Kunci Sukses Bisnis Sampingan
Foto Diambil Dari Fauxels Via Pexel

Kunci Sukses Bisnis Sampingan Anak Kost – Pandemi emang bikin kamu bingung mau ngapain aja di tempat kos setelah kelas kuliah atau WFH selesai. Nah, dari pada bingung dan buang-buang waktu, mending kamu buat bisnis sampingan deh. Lumayan kan bisa nambah uang jajan.

Kalau kamu mau bilang “aku kan gak bisa jualan” atau “aku udah coba dan selalu gagal bikin capek”, eits tunggu dulu. Kali ini D’paragon mau kasih tau kamu kunci sukses agar bisnis sampinganmu berjalan dengan lancar.

Apa Sih Kunci Sukses Bisnis Sampingan Anak Kost?

Dibawah ini adalah daftar kunci sukses bisnis sampingan anak kost yang wajib kamu lakukan untuk keperluan membuka usaha. Simak sampai akhir ya!

1.  Pilih Produk yang Kamu Suka

Menjual produk yang kamu suka itu penting loh. Dengan menjual produk yang disukai, kamu jadi bisa menjelaskan dengan detail kenapa barang yang dijual itu menarik. Nah, dengan kamu menjelaskan point-point menarik sebuah produk, maka pembeli biasanya akan mudah terbius dan tertarik untuk membeli.

2.  Pilih Bisnis dengan Kemampuan dan Pengetahuan yang Dikuasai

Memilih bisnis dengan kemampuan dan pengetahuan yang dikuasai itu penting banget. Dengan cara ini, kamu jadi bisa lebih tau apa yang harus kamu lakukan saat menemukan masalah dan bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli.

Misalnya kamu akan menjual kerajinan tali makrame. Karena punya kemampuan yang baik dalam membuat kerajinan tangan ini, kamu jadi mudah membuat inovasinya. Selain itu jika ada masalah yang terjadi seperti barang kerajinan tangan kusut saat sampai ke pembeli, maka kamu bisa memberitahu tutorial merapikannya.

Buat anak kost yang merasa gak punya skill dan pengetahuan yang mumpuni dengan produk yang mau dijual, kamu bisa gabung di seminar atau pelatihan yang terkait. Kalau merasa keberatan karena harus keluar uang, kamu bisa kok belajar dari Youtube  atau gabung di komunitas gak berbayar.

Baca Juga: Komunitas Jogja: Anak Kost, Ini seru Loh!

3.  Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar penting banget. Dengan cara ini kamu bisa lebih fokus kepada siapa barang ini dijual dan bagaimana cara mempromosikanya.

Kamu bisa menentukan target dengan cara mempertimbangkan siapa yang membutuhkan produk atau jasa yang kamu jual dan melihat apakah mereka memiliki sifat konsumtif atau tidak. Memilih target yang punya sifat konsumtif itu penting untuk keberlangsungan bisnis dalam masa panjang.

4.  Buat Nama Toko dan Logo yang Ikonik

Nama dan Logo yang unik ini sama pentingnya. Tujuannya adalah agar si calon pembeli bisa mudah ingat dengan toko jualan kamu.

Oh ya, ada tips ini buat kamu untuk pembuatan logo. Tipsnya adalah buatlah logo se-simple mungkin dan beda dari yang lain. Dengan membuat logo yang simple dan berbeda, cara ini bisa mambangun ciri khas toko bisnismu.

Nah, membuat logo juga gratis juga bisa kok. Kamu tinggal unduh aplikasi design kemudian gunakan fasilitas gratisnya. Setelah itu tinggal buat deh logo yang kamu mau dan sesuai dengan produk yang dijual. Mudah kan?

5.  Pilih Kemasan Kekinian

Kalau kamu menjual produk barang, memilih kemasan yang kekinia itu penting loh. Dengan kemasan yang lagi trend, bisa membius pembeli untuk tertarik dengan produk kamu.

Nah, kamu yang mau tau kemasan yang yang lagi trend di masa sekarang, coba deh kamu berkunjung ke Pinterest. Disana ada banyak banget ide yang bisa menginspirasi kamu. Eits, tapi jangan copy paste ya.

6.  Membuat Akun Sosial Media

Pentingnya membuat social media adalah sebagai tempat untuk mempromosikan produk bisnis. Dengan mempromosikan lewat sosial media maka jangkauan wilayah konsumen kamu jadi lebih luas.

Nah, platform social media yang punya potensi bagus untuk mengiklankan produk adalah Instagram. Kenapa Instagram? Bisa dibilang, pengguna aktif Instagram lebih banyak dibanding yang lain. Platform ini juga sering jadi tempat para pemilik bisnis mempromosikan produk. Jadi gak heran kalau pengguna instagram juga sering mencari produk yang mereka cari disini.

Di Instagram, ada dua metode yang bisa digunakan yaitu Instagram Ads dan endorse artis Instagram atau selebgram. Kalau kamu mau pilih metode dengan biaya murah, bisa pilih Instagram Ads. Tapi kalau kamu punya uang lebih, bisa cara metode endorse selebgram.

7.  Pandai membagi waktu

Karena saat ini posisimu jualamu adalah bisnis sampingan, jadi sebisa mungkin kamu harus bisa mengatur waktu kapan waktu fokus mengurus bisnis dan kapan fokus mengerjakan pekerjaan utama kamu. Kamu gak mau kan antara tugas utama dan bisnismu terbengkalai?

Baca Juga: Ide Bisnis 2021 ala Anak Kost

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan apa aja sih kunci sukses bisnis sampingan untuk anak kost. Tunggu apalagi untuk memulainya? Yuk mulai dari sekarang dan jangan menunda waktu. Kalau kamu gak memulainya dari sekarang, mulai kapan lagi?

Nah, buat kamu yang lagi cari tempat kost baru yang lebih nyaman untuk menjalankan bisnis dan kegiatanmu sehari-hari, coba deh cek website D’paragon dan instagramnya. Di D’paragon ada banyak banget hunian kost yang bisa dipilih sesuai dengan fasilitas yang kamu butuhkan.

 

Leave a Reply