Tips Mnejaga Kesehatan
Foto Diambil dari Daria Shevtsovo Via Pexel

Tips menjaga kesehatan ala anak kost ini cocok untuk kamu yang jauh dari keluarga. Tinggal sendir di kostan bisa membuat seseorang lalai untuk menjaga kesehatan. Akibatnya tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

Stres, magh, flu, pilek dan batuk sangat rentan dialami oleh anak kost. Semua disebakan oleh pola hidup yang tidak teratur seperti kegiatan yang super sibuk, begadang, makan tidak teratur, kurang berolahraga, lupa minum air putih yang cukup.

Untungnya sekarang kamu sudah ada di tempat yang tepat untuk mencari tahu bagaimana cara menjalani pola hidup yang sehat untuk anak kost. Tips-tips ini berguna agar kebugaranmu tetap teraga meskipun tinggal sendiri.

Mengawali pola hidup sehat memang terbayang sulit, tapi itu hanya anggapan saja. Nyatanya, banyak orang yang sukses bisa mengubah pola hidup dan konsisten menjalaninya. Percaya deh, setelah mulai melakukannya, anda akan terbiasa dan bisa menyesal akibat baru memulainya.

Apa saja tips menjaga kesehatan?

Menjaga kesehatan tubuh bisa menjadi investasi jangka panjang, loh. Tubuh yang sehat bisa bermanfaat untuk umur yang panjang. Nah, berikut adalah tips menjaga kesehatan anak kost yang wajib kamu ketahui:

1. Minum Air Putih Cukup

Air putih sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk meningkatkan metabolisme, mencegah dehidrasi, tubuh menjadi segar dan sehat.

Dalam sehari, manusia dianjurkan minum air putih sebanyak 2 Liter. Eits, bukan berarti harus meminumnya sekali minum. Kami bisa melakukannya dengan minum sebanyak 2 gelas sebelum dan sesudah makan baik saat sarapan, makan siang atau makan malam.

2. Batasi Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak gula tambahan. Nah, kandungan gula yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh karena bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

Saat merasa haus, sebaiknya memilih air putih untuk menghilangkan dahaga. Kandungan air putih jauh lebih bagus daripada minuman bersoda. 

Minuma bersoda memang enak karena rasanya manis dan punya sensasi yang berbeda saat meneguk, tapi efeknya bisa berbahaya untuk kesehatan. Hayo siapa yang masih nyetok minuman bersoda di kamar?

3. Konsumsi Sayuran dan buah

Kandungan yang ada pada sayuran dan buah sangat melimpah, yaitu terdapat serat, protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh karena bisa menurunkan efek rentan terkena penyakit.

Olahan masakah sayuran juga bisa kamu dapatkan di warteg dengan harga murah dan nikmat. Tapi kalau kamu ingin lebih maksimal, memasak sayur dan membuay jus buah sendiri adalah pilihan yang lebih aman.

4. Hindari Makanan Junk Food

Junk Food merupakan makanan yang sangat rendah protein, serat dan nutrisi lainnya. Komposisi makanan junk food tidak sehat karena mengandung gula tambahan, lemak jenuh dan tidak mengandung kalori jahat yang banyak.

Rendahnya kandungan gizi bisa menyebabkan perut tidak merasa kenyang. Akibatnya seseorang akan makan dan makan lagi. Sisah hasil olahan makanan tidak sehat di salam tubuh bisa menimbulkan obesitas, rentang terkena diabetes, kanker dan penyakit lainnya.

5. Melindungi Kulit

Saat siang, matahari memancarkan sinar UV yang tidak sehat untuk kulit jika berlebihan. Efeknya bisa membuat kulit kering dan bahkan bisa menyebabkan kanker bagi orang yang mengidap kulit sensitif.

Cara agar kulit tetap sehat adalah dengan menggunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari panas matahari yang menyengat. Jangan lupa memakai topi untuk melindungi area kepala dan wajah. Konsumsi pula air putih sebanyak mungkin agar kekenyalan kulit tetap terjaga.

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol memiliki dampak buruk bagi manusia. Efeknya bisa merusak paru-paru, berpotensi kanker, jantung dan penyakit serius.

Dampak asapa rokok juga nggak main-main loh. Perokok pasif atau orang yang tidak sengaja menghirup asap roko rentan terkena masalah pada alat sistem pernapasannya. Hmm, apalagi dengan perokok aktif ya.

7. Mengelola Stress dengan Baik

Stress bukan hanya sebuah perasaan tetapi juga bisa memicu berbagai macam dampak negatif bagi tubuh. Perasaan stres yang tidak dikontrol bisa meningkatkan hormon kortisol dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Cara mengelola stress dengan baik cukup mudah. berolahraga, jalan-jalan mengelilingi lingkungan kost, berlatih pernapasan yang benar, melakukan meditasi berkumpul dengan teman-teman.

8. Berolahraga rutin

Jangan tunda untuk memulai olahraga rutin karena kegiatan ini  bisa berdampak baik bagi tubuh. Efek dari olahraga sangat baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti, jantung, obesitas, diabetes, stroke dan kanker. 

Kalau kamu pikir olahraga itu berat dan mengabiskan uang karena harus ikut paket gym atau lainnya. Itu salah besar. Kamu bisa memulai olah raga dengan kegiatan yang mudah dan ramah kantong. Contohnya seperti berjalan kaki atau lari-lari kecil mengelilingi sekitar lingkungan kost. Lakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 45-60 menit secara rutin. Murah dan gampang bukan?

9. Tidur Cukup

Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap hari. Tujuannya adalah agar tubuh bisa istirahat, recharging energi, bisa beraktifitas nyaman di siang hari, mempertajam daya ingat dan meningkatkan perasaan senang.

Tidur cukup juga bisa membantu tubuh kuat dalam melawan ancaman penyakit. Kamu bisa terhindar obesitas, jantung, stroke dan kanker. Kamu gamau terkena penyakit itu kan ?

Kamu pasti mau bilang “Ah kegiatan ku banyak banget, mana bisa aku tidur malam cepat”.Eits, jangan mundur dulu. Coba deh buat jadwal harian, dijamin kegiatan sehari-hari akan terancang dengan baik.

10. Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebihan atau obesitas bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Efeknya? Tubuh yang gemuk sangat rentan meningkatkan resiko diabetes loh.

Cara menjaga berat badan agar tetap ideal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi cukup seperti sayuran dan buah, menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan, makan tepat waktu dan secukupnya, rajin berolahraga, istirahat dan makan secukupnya.

Baca Juga: Tips Hemat Listrik: Anti Tagihan Bengkak

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui tips menjaga kesehatan dan manfaat dari tubuh yang sehat. Bukankah sangat menggiurkan bisa memiliki tubuh yang sehat dan memiliki umur panjang? Janganlah menunda-nunda dan lakukan mulai dari sekarang untuk hidup yang lebih baik. 

Leave a Reply