Diambil Dari Karolina Grabowska Via Pexels

10 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost, Catat Ya! – Mau atur keuangan biar gak sedih di akhir bulan? Tentu ada jalan keluarnya dong. Nah, kali ini D’paragon mau kasih tips-tips hemat buat kamu, para anak kost, yang mau hemat dan mulai mengatur keuangan dengan baik.

Hiduo ngekost emang jadi sebuah tantang sendiri buat anak-anak yang tinggal jauh dari orang tua. Kalau tadinya bisa minta uang kapan aja, eh sekarang udah dijatah.

Emang sih ibu dan bapak bisa aja kirim uang lagi dipertengahan bulan, tapi ada baiknya kalau kota  bisa mengatur uang kiriman dengan baik dan cukup sampai akhir bulan.

Berikut 10 Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost?

Gak susah kok! Asalkan niat kamu besar untuk menghemat, pasti kamu berhasil. Jadi, kamu gak perlu uang habis di akhir bulan bahkan kamu jadi punya yang tabungan. Menyenangkan bukan?

Nah, dibawah ini ada 10 tips hidup hemat ala anak kost yang wajib kamu tahu. Simak sampai akhir ya!

Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Saat awal bulan, kamu wajib banget buat daftar pengeluaran apa aja yang harus kamu beli atau bayar. Jadi, kamu bisa tahu berapa uang yang harus digunakan untuk keperluan penting, jumlah uang untuk bersenang-senang, dan berapa uang untuk ditabung.

Jatah Uang Yang Digunakan Per Hari

Untuk harian, kamu bisa jatah uang saku untuk makan dan alat tranportasi. Uangnya bisa disimpan diamplop. Dalam satu hari, target uang yang dipakai hanya yang kamu ditaruh di amplop aja. Jadi, kamu bisa lebih mengontrol diri untuk beli barang-barang yang gak penting.

Kurangi Membeli Air Mineral Botol

Saat keluar rumah, ada baiknya untuk gak beli air mineral kemasan botol kecil atau sedang. Caranya dengan membawa bekal minum dari tempat kost.

“tapi kan sama aja, airnya beli juga”. Emang iya, tapi kalo kami beli air mineral dengan kemasan besar sekaligus atau galon, harganya lebih murah.

Cari Tempat Makan Murah Meriah

Sadar gak sih godaan terberat jadi anak kost adalah beli makan atau jajanan di tempat yang mahal karena tempatnya yang bagus atau lagi hits. Duh, mulai sekarang jangan tergoda lagi deh.

Saat ini waktunya kamu mengubah kebiasaan ini dengan cari tempat makan murmer alias murah meriah. Sayang aja sih uang sakumu habis buat beli makanan yang hargany gak masuk akal. Padahal ada makanan lain yang sama-sama ngenyangin tapi gak bikin boros.

Kumpulkan Uang Receh

Kalau ada uang receh dari kembalian kamu belanja atau beli barang apapun, jangan diremehin ya. Kumpulin aja uangnya di celengan. Semakin banyak kamu mengumpulkan uang receh, maka hasilnya lumayan juga.

Uang receh emang terlihat gak berharga pas awal bulan, tapi kalau nemunya di akhir bulan rasanya kaya nemu harta karun. Siapa yang suka begini?

Hindari Kegiatan Kurang Penting

Hayo, siapa yanh masih suka pergi-pergi untuk kegiatan gak penting? Mulai sekarang jauhi kebiasaan ini ya karena bisa pengaruh gak baik bjat keuangan kamu. Misalnya, nonton bioskop, nongkrong di mall atau café dan jalan-jalan.

Boleh kok kumpul bareng dan seneng-seneng sama teman, tapi cukup sebulan satu kali aja ys. Biar gak boros.

Belajar Menabung

Nah, ini ini kebiasaan baik yang wajib kamu mulai dari sekarang juga. Sebisa bisa menyisihkan uang untuk menabung. Kamu bisa mulai dengan menyisakan uang jatah harian untuk ditabung.

Belajar Investasi

Kalau ada uang yang gak terpakai, kamu bisa mengelola uang tersebut untuk investasi. Saat ini untuk investasi gak perlu harus nunggu sampai uangnya banyak kok. Kamu bisa belajar cara investasi di sosial media. Tapi ingat! Belajar di guru yang udah terpercaya ya.

Cari Penghasilan Sampingan

Coba deh bikin bisnis sampingan, lumayankan kamu jadi punya kesibukan bermanfaat yang bisa menghasilkan uang. Nah, keuntungannya bisa kamu manfaatkan untuk tambahan uang tabungan atau investasi. Cakep kan?

Baca Juga: Ide Bisnis Online Unik Untuk Para Anak Kost

Hemat Pemakaian Pulsa

Terlalu sering game atau main sosial media jadi boros loh soalnya kamu harus beli pulsa yang banyak. Jadinya, uang cepat habis. Nah, mulai sekarang sebaiknya memulai kegiatan yang bermanfaat lainnya biar gak boros.

Boleh kok main game atau main sosial media, tapi harus ada batasannya ya.

Baca Juga: Ide Bisnis Tanpa Modal Ala Anak Kost

Penutup

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost udah kamu ketahui. Tunggu apa lagi? Mulai dari sekarang kamu udah bisa memulai berhemat untuk demi kesejahteraanmu sebagai anak kost di akhir bulN atau jadi tabungan di esok hari.

Nah, kalau mau cari biaya sewa tempat kost murah, Pilih D’paragon aja ya. Selain murah,  ngekost di D’parago dijamin aman dan nyaman.

Kamu tinggal cek website D’paragon untuk pilih fasilitas hunian yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kepoin instagramnya untuk info menarik lainnya. Oh ya, ada potongan harga yang manteo buat kamu yang reservasi lewat aplikasi D’paragon.

Leave a Reply