Diambil Dari Katie Harp Via Pexel

4 Tips Hemat Lebaran Untuk Anak Kost Anti Boros – Hello, Anak Kost! Kamu sadar gak sih kalo saat setelah lebaran tiba-tiba uang THR bisa habis dalam hitungan hari aja dan bahkan uang tabungan bisa ikut menipis? Kalau kamu adalah salah satu orang yang mengalami hal ini, itu tandanya emang kamu harus membenahi pengeluaran untuk lebaran dari sekarang.

Lebaran adalah moment yang paling ditunggu karena akan ada banyak sekali kegiatan yang menyenangkan seperti membeli baju lebaran, kumpul bersama keluarga atau teman, makan-makan, bagi angpao, berwisata  dan masih banyak lainya. Namun, ada satu hal yang sering terjadi hal yang menyedihkan pasca lebaran yaitu uangnya menipis karena pengeluaran yang gak terkontrol.

Nah, biar kejaudin tahun kemarin gak terlang lagi yuk cari tahu gimana caranya agar gak kehabisan uang pasca lebaran. Kali ini D’paragon mau kasih tips tentang cara benahi pengeluaran untul lebaran kali biar gak bangkrut akibat diri yang gak terkontrol akan hawa napsu yang ingin ini dan itu.

Apa Aja 4 Tips Hemat Lebaran?

Dibawah ini adalah tips hemat lebaran agar kamu gak boros. Simak sampai akhir ya biar kamu gak menyesal di akhir untuk kedua kalianya. Jangan lupa catet juga untuk jadi pengingat apa aja yang harus dilakukan.

Catat Kebutuhan

Tips yang paling utama untuk menghemat pengeluaran saat lebaran adalah mencatat kebutuhan apa aja yang diperlukan untuk lebaran. Contohnya seperti budget membeli baju baru, beli kue lebaran, membayar zakat, beli bahan makanan, bagi angpao untuk keluarga, bekal untuk wisata dan kebutuhan penting lainnya.

Catatlah semua keperluan mulai dari harga yang mahal sampai yang murah. Cara ini biar kamu tahu berapa total bersih dari seluruh kepentingan yang harus kamu keluarkan untuk lebaran.

Catatlah keperluan yang hanya jadi prioritas aja ya. Cara ini dilakukan agar kamu jadi ingat mana kebutuhan yang paling penting dan bisa membuatmu terhindar dari pengeluaran kebutuhan tidak perlu. Tentu sayang bukan kalau uang yang kamu keluarkan hanya untuk sesuatu yang sia-sia

Menabung

Cara selanjutnya agar pasca lebaran gak bangkrut adalah dengan menabung. Kamu bisa menyisihkan uang jauh-jauh hari sebelum hari raya untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Gak bisa dipungkiri kalau lebaran ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Agar tak kehabisan uang pasca lebaran, menabung adalah solusi agar keuanganmu bisa tetap aman.

Ada THR? Yup, untuk pegawai tetap memang ada bonus yaitu Tunjangan Haru Ray tapi gunakalnlah uang ini dengan bijak ya. Meskipun dapat THR, gunakanlah uang itu secukupnya untuk kebutuhan lainnya pasca lebaran nanti atau di waktu yang akan datang.

Tahan Godaan Dari Diskon

Langkah selanjutnya agar gak kehabisan uang banyak saat lebaran adalah tahan diri dari godaan diskon. Gak bisa dipungkiri bahwa saat kamu pergi ke pusat perbelanjaan atau scrolling aplikasi belanja online maka akan mudah sekali menemukan banyak sekali iklan barang dengan potongan harga yang menggiurkan.

Eit, jangan tergiur dulu. Meskipun murah, tetapkan imanmu agar gak tergoda. Pastikan kamu gak kalap dan membeli barang-barang murah itu. Terkadang saat kita gak sadar beli barang-barang diskon itu, jumlah pengeluarannya akan membengkak.

Untuk itu, pastikan jangan tengok kanan dan kiri melihat barang yang bukan tujuanmu. Fokuslah barang yang jadi prioritas dalam daftar belanjamu.

Tidak Rajin Cek Pusat Belanja atau Toko Online

Mulai sekarang, yuk kurangin jalan-jalan di pusat belanja atau toko online. Dua kegiatan ini nih yang sering bikin kamu tergiur untuk beri barang-barang yang sesungguhnya gak penting tapi jadi penting. Padahal saat barang sudah dibeli, seringkali bikin perasaan menyesal karena hanya menambah pengeluaran aja.

Biar kamu gak tergoda untuk sering pergi ke pusat belanja atau toko online, yuk sibukkan diri dengan kegiatan lainnya.

Saat sudah membeli kebutuhan yang dibutuhkan, kamu bisa menyibukkan diri untuk bersih-bersih tempat kost atau rumah. Mumpung masih dalam suasana Ramadhan, kamu juga bisa menyibukkan diri untuk lebih rajin mendekatkan diri kepada Allah agar mendapat keberkahan yang melimpah di bulan yang suci ini.

Baca Juga: Tips Lebaran Seru Pasca Gagal Mudik Ala Anak Kost

Penutup

Yuk mulai sekarang terapkan 4 tips hemat lebaran diatas. Jangan sampai senang diawal tapi menangis di akhir ya karena gak hati-hati menggunakan uang. Gunakanlah uang THR dan tabunganmu sebaik mungkin. Sebagai anak muda, wajib hukumnya bisa membenahi pengeluaran kamu sebaik mungkin agar gak boros dan terbiasa hidup hemat.

Nah, kalo mau cari yang hemat, D’paragon punya tempat kost yang bisa kamu sewa dengan harga yang sangat anak kost friendly. Kamu bisa dapetin hunian ekslusif dengan harga yang gak bikin kantongmu kering kerontang.

Penasaran? Yuk cek website D’paragon untuk pilih tempat kost dengan fasilitas yang kamu butuhkan. Kamu bisa dapetin potongan harga sampai dengan 70% buat yang reservasi via aplikasi D’paragon. Ikuti instagramnya juga ya soalnya sering ada informasi yang bakal menguntungkan untuk kamu. Yuk nginep di D’paragon!

Leave a Reply