Diambil dari Mentatdgt via Pexel

5 Prospek Kerja Psikologi yan Perlu Diketahui – Hello, Anak Millenal! Masih bingung dengan apa aja prospek kerja yang akan didapatkan oleh lulusan Psikologi? Yuk, mari kita cari tahu ada bidang pekerjaan apa sih yang membutuhkan keahlian dari lulusan salah satu program studi favorit ini.

Untuk para calon mahasiswa yang sedang galau dengan jurusan Psikologi karena bingung pekerjaan yang bisa diambil selepas lulus nanti, sebaiknya hilangkan kekhawatiran itu. Soalnya, lulusan dari program studi ini banyak diincar oleh perusahaan, baik nasional atau international. Pengetahuan yang kamu dapat tentang bagaimana mengenal tingkah laku manusia saat kuliah, banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Apa Aja 5 Prospek Kerja Psikologi?

Dibawah ini adalah obat penghilau rasa galaumu. Dibawah ini adalah daftar 5 prospek kerja psikologi yang akan kamu dapatkan pasca lulu kuliah nanti. Simak sampai akhir ya

HRD (Human Resource Department)

Merupakan bidan pekerjaan yang paling banyak diminati oleh sarjana Psikologi. Hampir semua perusahaan membutuhkan HRD. Mulai dari perusahaan kecil sampai dengan multinasional atau pemerintah sampai swasta, semua membutuhkan pekerja dari lulusan Psikologi untuk bekera di divisi Human Resource Department.

Secara general, tugasnya adalah meng-handle terkait SDM yang ada di perusahaan. Namun, dalam divisi HRD ada banyak bagian. Nantinya, perbagian ini akan mendapat tugas yang lebih detail.

Contonya, pertama, yaitu bagian Rekruitment yangmenyeleksi karyawan baru. Kedua, Trainer yang memberikan training untuk memenuhi kompetensi karyawan atau untuk program peningkatan karyawan. Ketiga, HR Payroll yang pengupahan dan bonusa dan lainnya. Selanjutnya, masih ada banyak lagi bagian dengan spesifikasi job description lainnya.

Nilai gaji yang didapatkan sebagai HRD juga bagus loh. Untuk perusahaan multinasional, bisa menembus kisarah Rp. 35 juta per bulan.

Konselor

Peluang karir selanjutnya adalah menjadi Konselor Profesional. Apabila kamu punya hobi senang mendengarkan keluh kesah orang lain. Profesi ini cocok sekali untukmu.

Secara general, Konselor bertugas bertugas membantu klien menceritakan atau mengungkapkan perasaan mereka. Berdasarkan cerita mereka, tugas konselor selanjutnya adalah menganalisis dan memberikan nasihat dengan tujuan agar timbul semangat dan nilai positif pada diri klien.

Untuk konseler, ada banyak cabang profesinya yaitu di bidang keluarga, pernikahan, trauma, pendidikan, perusahaan dan masih banyak lagi. Tentunya, cabang bidang ini punya tugas yang lebih detail lagi. Jika ingin menjadi konselor, tugasmu nantinya harus menentukan bidang apa yang cocok dengan ketertarikanmu.

Psikolog

Profesi ini udah gak asing di mata banyak oranng sebagai salah satu karir yang bisa didapatkan oleh  Sarjana Psikologi. Peminatnya pun cukup banyak.

Orang yang berprofesi sebagai psikologi ini tugasnya adalah membantu mengatasi masalah, salah satunya yaitu berkaitan dengan kesehatan mental. Ya, psikolog merupakan ahli psikologi yang tugasnya fokus pada pikiran dan perilaku.

Sebutan Psikog ini sebenernya masih general. Ada jenis psikologi yang perlu kamu tahu yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Forensik, Psikologi Kesehatan, Psikologi Industri dan Psikologi anak. Nantinya, tiap bidang ini punya detail tugas yang lebih spesifik lagi.

Terapis Kesehatan Mental Anak

Apabila kamu merupakan sosok yang menyukai perilaku anak kecil dan penyabara, Terapis Kesehatan Mental Anak bisa jadi pilihan yang tepat. Tugas utama profesi ini adalah memberikan perhaian khusus kepada anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental. Salah satu contohnya yaitu anak-anak menyandang keterbelakangan mental atau autisme.

Ya, tugas terapis adalah menerapkan terapi kepada anak berkebutuhan khusus ini menjadi hampir seperti orang-orang pada umumnya seperti bersikap lebih terarur dan tertanam sikap mandiri.

Dosen Psikolog

Untuk kamu yang suka dengan dunia psikologi dan mengajar, menjadi Dosen Psikologi bisa menjadi pilihan karir nanti. Apabila kamu punya kesempatan untuk melanjutkan studi S2, itu artinya kamu punya peluang besar untuk memilih profesi ini. Ya, lulus S2 adalah syarat menjadi dosen saa ini.

Jika menjadi dosen adalah targetmu, tentukan bidang psikologi apa yang ingin kamu perdalam. Misalnya, psikologi sosial, klinis, tingkah laku, umum atau industri.

Baca Juga:

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang 5 prospek kerja psikologi yang bisa kamu dapatkan setelah lulus nanti. Menggiurkan bukan? Sekarangnya saatnya tentukan pilihanmu, mau lanjut atau terus. Pertimbangkan karaktermu, apakah cocok atau tidak dengan bidang pekerjaan diatas. Jika masih galau, ikutilah intusi hatimu aar tidak salah memilih jurusan kuliahmu nanti.

Ngomongin tentang kuliah, ada salah satu hal penting juga yan perlu kamu pertimbangkan, bagi para calon mahasiswa yang harus meneruskan pendidikannya di kota rantau, yaitu tempat kost. Memilih tempat kost itu harus yang pas dan sesuai dengan kebutuhannmu.

Untungnya, ada D’paragon yang siap mempermudah mencari tempat kost yang kamu mau. Gak perlu datang jauh-jauh, kamu bisa memilih hunian yang sesuai dengan fasilitas yang kamu mau melalui website D’paragon. Untuk potongan harga special, kamu bisa mendapatkannya dengan resevasi melalui aplikasi D’paragon. Ikuti juga instagramnya untuk mendapatkan informasi menarik seputar anak kost.

Yuk, ngekost di D’paragon!

Leave a Reply