Diamnil dari Fox Via Pexel

6 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi 2021 Paling Menjanjikan – Hello, Anak Millenial! Penasaran sama prospek kerja untuk jurusan Ilmu Komunikasi saat ini? Itu tandanya kamu harus pantengun artikel ini sampai selesai.

Ilmu Komunikas, atau Ilkom, merupakan sebuah jurusan yang punya banyak peminant. Buat kamu yang mau ambil jurusan ini, nantinya akan belajar tentang jurnalistik, penyiaran, public relation, hubungan, design komunikasi visual, periklanan, dan masih banyak lainnya.

Untuk prospek kerjanha nanti, Ilmu komunikasi punya banyak sekali pekerjaan yang menjanjikan. Lulusan Ilkom sering diicar oleh para perusahaan media.

Apa Aja 6 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi?

Dibawah ini adaah daftar 6 prospek kerja ilmu komunikasi. Simak sampai akhir ya.

Jurnalis

Dalam dunia ilmu komunikasi, jurnalistik adalah mata kuliah wajib. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa diperoleh dari mempelajari jurnalistik. 

Salah satu kemampuan yang dimilili oleh mahasiswa ilmu komunikasi inilah yang bikin gak heran kalu lulusannya sangat memungkinkan untuk jadi jurnalis.

Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor (penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio ataupun surat kabar cetak.

Master Of Ceremony (MC)

Bekal menjadi MC adalah memiliki gaya hidup  bicara yang baikn, bisa membawa diri, mampu membawa acara bisa lancar dan sesuai dengan harapan. Ini semua yang seringkali diajarkan dalam duni perkulianan ilmu komunikasi.

Itu sebabnya banyak lulusan ilkom yang akhirnya menekunj bidang pekerjaan sebagai MC. Yah, meskipun ada beberapa MC yang belajar tetpai belum tentu apa yang mereka dapat gak sebabyak lulusan Ilmu komunikasi.

Announcer atau Presenter

Skill yang dibutuhkan menjadi announcer dan presenter adalah mampu menyampaikan pesan dengan baik dan mampu menarik perhatian masyarakat. Nah, kemampuan ini nih yang bisanya dimililki oleh lulusan ilmu komunikas.

Saat prosses belajar, mahasiswa di jurusam ini dituntut dapat menyampaikan pesan dan tujuan efektif. Itu alasannya kenapa banyak lulusanya bisa bekerja dalam dunia announcer, seperti penyiar radio, dan presenter di televisi terkenal

Advertising atau Periklanan

Kalau cuma dibayangkan aja, pekerjaan di bidang periklanan ini terdengar mudah. Nyatanya, pelerjaan ini membutuhkan kreatifitas yang bagus. Pemilihan kalimat ajakan yang unik dan menarik serta penggunaan media promosi yang pas sesuai dengan produk yang akan di jual itu penting. Skill-skill ini ning yang sering dipelajari oleh ana Ilmu Komunikasi

Itu sebabnya, banyak perusahan yang memcari anak ilkom untuk jadi tim di bidang periklanan. Lulusan Ilkom dianggap punya kemampuan yang mumpuni untuk bidang ini.

Hubungan Masyarkat (Public Relation Officer)

Biasanya, banyak perusahaan yang membutuhkan staf atau pekerja sebagai juru bicara atau perwakilan dan perusahaan tersebut. Tugasnya adalah bagaimana bisa membangun komunikasi dan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan klien.

Biasanya, perusahaan bakal memilih lulusan ilmu komunukasi. Ini disebabkan public relatin marupakan salah satu bagian dari studi di jurusan ini.

Dengan punya skill komunikasi yang baik, perusahaan berharap staf di Public Relation ini bisa menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk membangun reputasi yang baik dihadapan para masyarakat.

Event Organizer

Prospek bidang pekerjaan yang bisa didapat oleh lulusan Ilmu Komunikasi lainnya adalah Event Organizer atau sering disingkat EO. Pekerjaan sebagai EO membutuhkan kemapuan komuniksi yang baik karena harus membangung hubungan dengan orang banyak.

Biasanya, EO banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang sering menggelar event besar. Contohnya saja seperti Ismaya. Meskipun begitu, kamu juga bisa membangun tim EO sendiri kok untuk acata yang lebih kecil seperti acara pernikahan, lamaran, ulang tahu dan masih banyak lainnya.

Saat ini, menjadi EO adalah sebuah pekerjaan yang banyak diminati loh khususnya anak muda. Ini disebekak pekerja EO sering bertemu dengan tim-tim kreatif dan keren. Ini bikin jadi punya pengalama kerja yang tak ternilai

Apalagi kalau acara yang diselenggarakan bisa menarik banyak perhatian orang dan lancar dalam perhelatannya. Ini bisa jadi sebuah nilai plus sendiri.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Rasa Malas Saat kerja ala Anak Kost

Penutup

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi cukup menarik bukan? Kamu bisa persiapkan diri mulai sekarang untuk belajar lebih giat lagi agar nanti bisa membangun karir sesuai impian mu.

Oh ya, buat kamu yang mau bekerja di luar kota dan mengahruskan kamu cari tempat tingga, coba deh ngekost di D’paragon. Hunian nyaman dengan fasilitas yang cakep bisa kamu dapatkan di disini.

Gak perlu susah payah keliling kota untuk cari tempat kost. Kamu tinggal kunjungin website D’paragon untuk pilih hunian dengan fasilitas sesuai dengan kebutuhan. Kalau mau dapetun harga sewa spesial, kamu bisa reservasi melalui aplikasi D’paragon. Follow instagramnya juga ya karena ada giveaway yang bisa kamu menangkan.

Yuk ngekost di D’paragon!

Leave a Reply