Diambil dari Syahrul Adi via Google Maps

Kisah Dibalik Patung Suro & Boyo Jadi Ikon Surabaya – Hello, Anak Kost! Kalau ada di Surabaya rasanya memang gak lengkap kalau belum lihat secara langsung dan berfoto di patung suro dan boyo. Suro artinya ikan hiu dan boyo artinya buaya.

Uniknya patung ini tidak cuma satu, bahkan sampai ada di 3 lokasi dengan ukuran yang berbedan. Ketiga tempat itu yaitu Jalan Ketabang Kali, Jalan Pantai Kenjeran dan Taman Skate dan Board.

Ceritanya bikin penasaran kan? Sini deh, Mimin ceritain biar kamu jadi makin tahu.

Bagaimana Kisah Dibalik Patung Suro & Boyo?

Kisah Dibalik Patung Suro dan Boyo ini akan mimin ceritakan di bawah ini. Simak sampai.akhir. Pastikan kamu dalam keadaan yang rilex agar enjoy membaca ceritanya.

Kisah Legenda Suro dan Boyo

Adanya patung ikan hiu dan buaya ini tak lepas lagi cerita rakyat pada zaman dahulu. Konon ceritanya, dahu ada perkahian antara suro dan boyo di laut. Permasalahan diantara keduanya ini adalah didasari oleh perebutan kekuasaan.

Perkelahian ini membuat Hiu kelelahan dan akhirnya dia membuat perjanjian. Hasil perjanjiannya adalah lautan menjadi kekuasaan dan daratan menjadi daerah Buaya.

Sayangnya, ikan di laut sedikit demi sedikit habis. Kemudian Hiu pun mencari mangsa di sungai. Padahal, sungai merupakan daerah kekuasaan sang buaya. Mengetahui hal itu, buaya pun marah dan pertarungan antara keduanya dimulai lagi. Dalam perkelahian ini, buaya menggit ekor hiu. Begitu pun juga sebaliknya, Hiu menggit ekot buaya sampai putus.

Makna Simbol Suro dan Boyo

Patung Suro dan Boyo yang jadi Ikon Kota Surabaya ini tentu gak lepas dari makna penting. Hiu dan Buaya merupakah hewan pemberani. Nah, keduanya meenjadi sebuah representasi oara pemuda Surabaya yang memiliki keberanian yang luar biasa dan tidak gentar menghadapi musuh.

Makna Lain Suro dab Boyo

Terlepas dari hubungannya dengan cerita legenda, kedua kata ini punya makna lain yang berarti. Kata Surabaya berasal dari kata Suro dan Boyo. Suro atau kata lainnya yaitu Sura punya makna “selamat”. Sedangkan boyo atau baya artinya “bahaya”. Sehingga disumpulkan bahwa Surabaya mempunya arti “Selamat dari Bahay”.

Baha yang dimaksud adalah serangan Tentara Tar-Tar. Pada saat itu masyarakat setempat bersama Raden berhasil mengalahkannya. Ya, keberhasilan ini membuat warga selamat dari bahaya. Hari kemenangan itu lah, yang akhirnya, dijadikan hari kelahiran Kota Surabaya.

Teknik Pembuatan Patung Suro dan Boyo

Diceritaan bahwa kemungkinan besar patung ini bukan sebuah pahatan. Patung ini terbuat dari pasir, semen, dan batu bata. Patunf inu juga terlihat cukup sederhana karena tidak ada ornamen yang mencolok di mata.

Dikutip dari Airpaz, Patung Suro dan Boyo dibuat oleh Sigit Margono yang merupakan seniman patung dan Dosen Sekolah Kesenian  Wilawitaka (SWTK) Surabaya.

Fungsi Patung Suro dan Boyo

Selain jadi representasi identitas, Patung Suro dan Boyo ini menjadi sebuah digunakan sebagai Ikon dan landmark dari Kota Surabaya.

Utuk para wisatan domestik dan luar negeri, rasnya belum lengkap kalau udah ke Surabaya tapi belum lihat langsung dan foto dengan latar belakang yang ikon terkenal ini.

Lokasi dan Ukuran Patung

Lokasi patung pertama ada di Jalana Ketabang Kali, tepanya di Taman Skate dan Board. Ukurannya tidak terlalu besar.

Bangunan kedua berada di Bantaran Sungat Kalimas. Ukurannya juga tidak terlalu besar.

Ketiga, kamu.bisa menemukan Patung Sura dan Baya di Jalan Pantai Kenjeran. Patung yang ada di lokasi ini merupakan monumen yang terbesar dibandingkn denga dua yang lainnya. Patung ini juga paling baru diantara yang lainnya dan batu diresmikan pada tahu 2019.

Tinggi patung terbesar ini memiliki tinggi 25,6 Meter. Pondasi atau dudukan patung itu sendiei tungganya mencapai 5 meter dengan diameter yaitu 15 meter. Patung ini berdiri tegak di area Taman Suroboyo yang memiliki luas sampao 11.900 meter persegi.

Baca Juga: Sejarah Monumen Kemerdekan Pertama di Indonesia

Penutup

Menarik bukan kisah dibalik patung suro & boyo yang selalu ikon Kota Surabaya? Buat kamu yang belum pernah lihat secara nyata, wajib banget datengin ke salah satu lokasi patungnya. Ajak teman juga agar jalan-jalannya jadi makin seru. Jangan berswa foto dengan backround suro  & boyo. Ini sih wajib untuk foto kenang-kenangan.

Ngomong tentang yang wajib, ada salah satu hal yang harus anak kost punya yaitu kamar kost dengan fasilitas yang sesuai dengan keperluan. Alasannya adalah agara kamu bisa melakukan serluruh kegiatan hari-harimu dengan selalu nyaman.

Untuk mencari kamar kost yang kamu mau, kamu.hanya tinggal kunjungi website D’paragon. Kalau mau dapat potongan harga spesial, reservasi lewat aplikasi D’paragon ya. Follow instagramnya juga untuk tahu keuntungan lainnya.

Yuk ngekost di D’paragon.

Leave a Reply